PURNANINGSIH, LINDASARI (2012) Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick pada Siswa Kelas V SD Negeri Ngadireji I Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (261kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (74kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (417kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (88kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (952kB) |
Abstract
Latar belakang dari penulisan skripsi ini karena banyak siswa kelas V SD Negeri Ngadirejo 1 yang mendapat nilai di bawah KKM pada mata pelajaran IPA. Dari 41 siswa, ada 22 anak yang nilai ulangan hariannya dibawah KKM atau sebanyak 53%. Banyaknya siswa yang nilainya masih dibawah KKM menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kurang optimal. Selain itu, banyak siswa yang kurang aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Ngadirejo 1 Kecamatan Kartasura Tahun Pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah guru kelas SD Negeri Ngadirejo 1 Kartasura sebagai pemberi tindakan, serta siswa-siswa kelas V yang berjumlah 41 siswa sebagai subjek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data digunakan untuk mendapatkan keterangan yang berhubungan dengan penelitian tersebut, sehingga memperoleh data yang diperlukan. Dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis interaktif. Instrumen yang digunakan meliputi tes, pedoman observasi, catatan lapangan, lembar wawancara, dan RPP. Berdasarkan data awal menunjukkan bahwa hanya ada 10 anak yang lulus KKM atau sebanyak 24,39%, maka guru menerapkan metode talking stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi pengelolaan pembelajaran IPA dengan menerapkan metode talking stick diperoleh data bahwa pada siklus I ada 24 siswa yang kulus KKM atau sebanyak 58,54 %. Sedangkan perbaikan pada siklus II ada 34 siswa yang lulus KKM atau sebanyak 82,93%. Sehingga penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Metode talking stick |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 21 Feb 2012 07:47 |
Last Modified: | 21 Feb 2012 07:47 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16975 |
Actions (login required)
View Item |