Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick pada Siswa Kelas V SD Negeri Ngadireji I Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012

PURNANINGSIH, LINDASARI (2012) Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick pada Siswa Kelas V SD Negeri Ngadireji I Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (261kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (74kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (952kB)

Abstract

Latar belakang dari penulisan skripsi ini karena banyak siswa kelas V SD Negeri Ngadirejo 1 yang mendapat nilai di bawah KKM pada mata pelajaran IPA. Dari 41 siswa, ada 22 anak yang nilai ulangan hariannya dibawah KKM atau sebanyak 53%. Banyaknya siswa yang nilainya masih dibawah KKM menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kurang optimal. Selain itu, banyak siswa yang kurang aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Ngadirejo 1 Kecamatan Kartasura Tahun Pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah guru kelas SD Negeri Ngadirejo 1 Kartasura sebagai pemberi tindakan, serta siswa-siswa kelas V yang berjumlah 41 siswa sebagai subjek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data digunakan untuk mendapatkan keterangan yang berhubungan dengan penelitian tersebut, sehingga memperoleh data yang diperlukan. Dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis interaktif. Instrumen yang digunakan meliputi tes, pedoman observasi, catatan lapangan, lembar wawancara, dan RPP. Berdasarkan data awal menunjukkan bahwa hanya ada 10 anak yang lulus KKM atau sebanyak 24,39%, maka guru menerapkan metode talking stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi pengelolaan pembelajaran IPA dengan menerapkan metode talking stick diperoleh data bahwa pada siklus I ada 24 siswa yang kulus KKM atau sebanyak 58,54 %. Sedangkan perbaikan pada siklus II ada 34 siswa yang lulus KKM atau sebanyak 82,93%. Sehingga penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Metode talking stick
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Feb 2012 07:47
Last Modified: 21 Feb 2012 07:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16975

Actions (login required)

View Item View Item