Penerapan Pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII C Pada Materi “Sistem Pencernaan Pada Manusia” SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012

Kurniawan, Irvan (2012) Penerapan Pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII C Pada Materi “Sistem Pencernaan Pada Manusia” SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (108kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB)

Abstract

Pembelajaran di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta ditemukan kelemahankelemahan sebagai berikut; partisipasi siswa dalam proses pembelajaran masih rendah, siswa kurang termotivasi dan tertarik untuk belajar, siswa cenderung pasif dan belum ada peran aktif dalam interaksi di kelas, serta hasil belajar rendah (belum mencapai KKM/65). Pendekatan SAVI merupakan salah satu alternatif untuk menyalesaikan masalah tersebut. Masalah yang diajukan bagaimana penerapan pendekatan SAVI untuk meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VIII C pada materi Sistem Pencernaan Pada Manusia SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan SAVI untuk meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VIII C pada materi Sistem Pencernaan Pada Manusia SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dengan pendekatan SAVI yang dilaksanakan dalam II siklus, diakhiri dengan kesimpulan dan postest pada tiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I (ranah kognitif = 66,88 atau meningkat sebesar 0,27 dari nilai awal; ranah afektif = 13,5 (termasuk kategori kurang berminat)). Rata-rata hasil belajar pada siklus II (ranah kognitif = 80,24 atau meningkat sebesar 13,36 dari siklus I; ranah afektif = 17,4 (termasuk kategori cukup berminat) atau meningkat sebesar 3,9 dari siklus I). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan SAVI dapat memperbaiki proses pembelajaran, hal ini didukung dengan peningkatan hasil belajar biologi siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 4 Surakarta kelas VIII C Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A420/2012-22
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, pendekatan SAVI, sistem pencernaan pada manusia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Feb 2012 06:40
Last Modified: 21 Jun 2012 08:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16968

Actions (login required)

View Item View Item