Kurniawan, Irvan (2012) Penerapan Pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII C Pada Materi “Sistem Pencernaan Pada Manusia” SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf Download (108kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (19kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (77kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (7kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (640kB) |
Abstract
Pembelajaran di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta ditemukan kelemahankelemahan sebagai berikut; partisipasi siswa dalam proses pembelajaran masih rendah, siswa kurang termotivasi dan tertarik untuk belajar, siswa cenderung pasif dan belum ada peran aktif dalam interaksi di kelas, serta hasil belajar rendah (belum mencapai KKM/65). Pendekatan SAVI merupakan salah satu alternatif untuk menyalesaikan masalah tersebut. Masalah yang diajukan bagaimana penerapan pendekatan SAVI untuk meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VIII C pada materi Sistem Pencernaan Pada Manusia SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan SAVI untuk meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VIII C pada materi Sistem Pencernaan Pada Manusia SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dengan pendekatan SAVI yang dilaksanakan dalam II siklus, diakhiri dengan kesimpulan dan postest pada tiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I (ranah kognitif = 66,88 atau meningkat sebesar 0,27 dari nilai awal; ranah afektif = 13,5 (termasuk kategori kurang berminat)). Rata-rata hasil belajar pada siklus II (ranah kognitif = 80,24 atau meningkat sebesar 13,36 dari siklus I; ranah afektif = 17,4 (termasuk kategori cukup berminat) atau meningkat sebesar 3,9 dari siklus I). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan SAVI dapat memperbaiki proses pembelajaran, hal ini didukung dengan peningkatan hasil belajar biologi siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 4 Surakarta kelas VIII C Tahun Ajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A420/2012-22 |
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, pendekatan SAVI, sistem pencernaan pada manusia. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 21 Feb 2012 06:40 |
Last Modified: | 21 Jun 2012 08:24 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16968 |
Actions (login required)
View Item |