Upaya Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Konsep Belajar Matematika Pokok Bahasan Segiempat ( Persegi Panjang ) dan Segitiga Dengan Metode Problem Based Learning PBL (PTK pada siswa kelas VII di SMP N I Jaten, Karanganyar )

Lestari, Sri (2011) Upaya Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Konsep Belajar Matematika Pokok Bahasan Segiempat ( Persegi Panjang ) dan Segitiga Dengan Metode Problem Based Learning PBL (PTK pada siswa kelas VII di SMP N I Jaten, Karanganyar ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (114kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
03._BAB_I.pdf

Download (126kB)
[img] PDF (BAB II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] PDF (BAB III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] PDF (BAB IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] PDF (BAB V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (117kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahi dan mendeskripsikan peningkatan motivasi dan pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan segiempat dan segitiga pembelajaran matematika melalui metode Problem Based Lerning. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan design PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Jaten yang berjumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan pemahaman konsep siswa pada pokok segiempat dan segitiga. Hal ini dapat dilihat dari 1) antusias siswa dalam mengerjakan tugas sebelum diadakan tindakan sebesar 11,11%, pada putaran I sebesar 30,56%, dan pada putaran II sebesar 58,33%, 2) Rasa senang siswa terhadap pelajaran matematika sebelum diadakan tindakan sebesar 5,56%, pada putaran I sebesar 22,22%, dan pada putaran II sebesar 58,33%, 3) kemampuan siswa merumusakan keliling dan luas bangun segiempat dan segitiga sebelum diadakan tindakan sebesar 11,11%, pada putaran I sebesar 33,33%, dan pada putaran II sebesar 69,44% 4) Kemampuan siswa menyelesaiakan masalah yang berkaitan dengan menghitung keliling dan luas segiempat dan segitiga sebelum diadakan tindakan sebesar 8,33%, pada putaran I sebesar 25% , dan pada putaran II sebesar 55,56%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Problem Based Lerning dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep siswa yang meliputi antusias dalam mengerjakan tugas, rasa senang siswa terhadap pelajaran matematika, kemampuan siswa merumuskan keliling dan luas bangun segiempat dan segitiga, kemampuan siswa menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan menghitung keliling dan luas segiempat dan segitiga.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi, pemahaman konsep, Problem Based Lerning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 21 Feb 2012 05:30
Last Modified: 21 Feb 2012 05:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16962

Actions (login required)

View Item View Item