Perbandingan antara metode active debate dengan metode diskusi ditinjau dari hasil belajar pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA N 1 kelas Manyaran Tahun ajaran 2011/2012

Maona, Maona (2011) Perbandingan antara metode active debate dengan metode diskusi ditinjau dari hasil belajar pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA N 1 kelas Manyaran Tahun ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (222kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (109kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)

Abstract

PERBANDINGAN ANTARA METODE ACTIVE DEBATE DENGAN METODE DISKUSI DITINJAU DARI HASIL BELAJAR PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMA N 1 MANYARAN Maona, A210070153, Program Studi Pendidikan Akuntansi, FakultasKeguruandanIlmuPendidikan. UniversitasMuhammadiyah Surakarta, 2011 Tujuan penelitian :1). Membedakan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA N 1 Manyaran antara menggunakan metode active debate dengan metode diskusi; 2). Metode mana yang lebih tepat untuk diterapkan pada mata pelajaran ekonomi antara metode active debate dengan metode diskusi. Populasi penelitian sebanyak empat kelas, sampel penelitian sebanyak dua kelas yaitu kelas X.2 untuk kelas eksperimen dengan metode active debate dan kelas X.3 untuk kelas kontrol dengan metode diskusi, diambil secara purposive sampling. Kemudian kedua sampel dilakukan uji matching untuk mengetahui apakah kemampuan awalnya seimbang. Teknik pengambilan data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Teknikan alisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan yaitu ujinormalitas dan uji homogenitas. Selanjutnya hasil analisis data dengan  = 5% disimpulkan :thitung>ttabel, yaitu 3,262 >2,009 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,002. Berarti H0 ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan metode active debate dan metode diskusi adalah berbeda. Perbedaan tersebut juga dapat dilihat dari rata-rata hasil hasil belajar dari tiap kelas, dimana 83,08 untuk kelas eksperimen dengan metode active debate dan 73,58 untuk kelas kontrol dengan metode diskusi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi ditinjau dari metode mengajar dengan menggunakan metode active debate dan metode diskusi

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A210/2012-28
Uncontrolled Keywords: Metode Penerapan Active Debate, Metode Diskusi
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 18 Feb 2012 06:50
Last Modified: 18 Jun 2012 06:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16941

Actions (login required)

View Item View Item