Maona, Maona (2011) Perbandingan antara metode active debate dengan metode diskusi ditinjau dari hasil belajar pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA N 1 kelas Manyaran Tahun ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (222kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (109kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (294kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf Download (100kB) |
|
PDF (lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (618kB) |
Abstract
PERBANDINGAN ANTARA METODE ACTIVE DEBATE DENGAN METODE DISKUSI DITINJAU DARI HASIL BELAJAR PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMA N 1 MANYARAN Maona, A210070153, Program Studi Pendidikan Akuntansi, FakultasKeguruandanIlmuPendidikan. UniversitasMuhammadiyah Surakarta, 2011 Tujuan penelitian :1). Membedakan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA N 1 Manyaran antara menggunakan metode active debate dengan metode diskusi; 2). Metode mana yang lebih tepat untuk diterapkan pada mata pelajaran ekonomi antara metode active debate dengan metode diskusi. Populasi penelitian sebanyak empat kelas, sampel penelitian sebanyak dua kelas yaitu kelas X.2 untuk kelas eksperimen dengan metode active debate dan kelas X.3 untuk kelas kontrol dengan metode diskusi, diambil secara purposive sampling. Kemudian kedua sampel dilakukan uji matching untuk mengetahui apakah kemampuan awalnya seimbang. Teknik pengambilan data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Teknikan alisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan yaitu ujinormalitas dan uji homogenitas. Selanjutnya hasil analisis data dengan = 5% disimpulkan :thitung>ttabel, yaitu 3,262 >2,009 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,002. Berarti H0 ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan metode active debate dan metode diskusi adalah berbeda. Perbedaan tersebut juga dapat dilihat dari rata-rata hasil hasil belajar dari tiap kelas, dimana 83,08 untuk kelas eksperimen dengan metode active debate dan 73,58 untuk kelas kontrol dengan metode diskusi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi ditinjau dari metode mengajar dengan menggunakan metode active debate dan metode diskusi
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A210/2012-28 |
Uncontrolled Keywords: | Metode Penerapan Active Debate, Metode Diskusi |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 18 Feb 2012 06:50 |
Last Modified: | 18 Jun 2012 06:29 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16941 |
Actions (login required)
View Item |