MUTTAQIN , M.FARIS (2007) Usulan Perbaikan Sistem Pendistribusian Produk Dengan Strategi Manajemen Rantai Pasokan (Studi Kasus : Perusahaan Penerbitan Majalah Nikah, Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (498kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (498kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (498kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (498kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (498kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (497kB) |
Abstract
Perkembangan yang pesat di bidang ilmu dan teknologi dewasa ini menuntut adanya kemampuan manusia dalam mempertimbangkan segala kemungkinan sebelum mengambil keputusan dan tindakan. CV.Nikah Media Samara merupakan salah satu perusahaan penerbitan Majalah Keluarga Islam, sebagai perusahaan penerbitan pasti akan dihadapkan pada permasalahan pendistribusian produknya, Manajemen rantai pasokan atau bisnis logistik, sebagai salahsatu cabang ilmu manajemen banyak membahas tentang bagaimana upaya perusahaan memposisikan pemasok-pemasoknya sebagai bagian dalam proses produksinya. Tingkat fluktuasi permintaan yang tidak terduga di setiap wilayah pemasaran mengakibatkan kelancaran arus pendistribusian menjadi terhambat, hal ini terkait erat dengan sistem rantai pasok di perusahaan penerbitan majalah Nikah. Angka dari kenaikan variabilitas disetiap wilayah menunjukan bahwa pendistribusian majalah Nikah tidak seimbang antara persediaan dengan permintaan, atau mengalami bullwhip effect terutama pada wilayah pendistribusian di Sumatra dengan dengan tingkat variabilitas sebesar 2.38. sedangkan wilayah yang bervariabilitas terendah adalah Sulalwesi sebesar 0.125. Untuk ketiga wilayah lainya yaitu Jawa, Kalimantan, Jayapura masing-masing relatif dinamis artinya nilai variabilitasnya tidak begitu berpengaruh terhadap kelancaran arus pendistribusian. Untuk mengatasi permasalahan diatas perusahaan melakukan perbaikan dengan menggunakan strategi Supply Chain Management / Manajemen Rantai Pasokan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci:Fluktuasi permintaan, bullwhip effect, Saluran sistem informasi distribusi, Manajemen Rantai Pasokan. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 01 Feb 2012 09:55 |
Last Modified: | 01 Feb 2012 11:48 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16641 |
Actions (login required)
View Item |