Pengelolaan Bimbingan Belajar Pada Sekolah RSBI Di SMA Negeri 1 Sragen

Raharjo, Sugeng (2011) Pengelolaan Bimbingan Belajar Pada Sekolah RSBI Di SMA Negeri 1 Sragen. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Judul.pdf

Download (266kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (76kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (82kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (117kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) karakteristik perencanaan bimbingan belajar pada sekolah RSBI di SMA Negeri 1 Sragen. (2) karakteristik pelaksanaan bimbingan belajar pada sekolah RSBI di SMA Negeri 1 Sragen. (3) karakteristik hasil bimbingan belajar pada sekolah RSBI di SMA Negeri 1 Sragen. Lokasi penelitian ini di SMA Negeri 1 Sragen, yang beralamat di jalan Perintis kemerdekaan no.16 Sragen. Kehadiran peneliti dalam penelitian ini sebagai instrumen dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, Interview atau wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian: (1) Bimbingan belajar diawali dengan kegiatan menginventarisasi kebutuhan siswa dalam bimbingan belajar melalui pemberian angket kepada siswa yang ditujukan sebagai instrumen dan tolok ukur bagi guru, yang dilanjutkan dengan rencana penunjukkan guru dalam bimbingan belajar yang sesuai kompetensi guru dan disiplin ilmu yang dimilikinya. Rencana penugasan/penjadwalan guru dalam bimbingan belajar ditetapkan melalui rapat dinas guru di setiap awal tahun ajaran baru, persiapan tempat dan fasilitas dalam bimbingan belajar disesuaikan dengan jumlah ruang yang tersedia di SMA Negeri 1 Sragen. Rencana bahan ajar apa yang dipersiapkan berupa standar buku sekolah elektronik dan bukubuku lain yang dipersiapkan guru untuk menunjang pembelajarannya. Rencana pengadaan bahan ajar dianggarkan dalam RAPBS dan penyusunan perencanaan bimbingan belajar kepala sekolah tidak melibatkan komite sekolah. (2) Pelaksanaan bimbingan belajar dilakukan oleh guru sesuai dengan jadwal, bimbingan belajar dilaksanakan selama 90 menit, dimulai jam ke 9 dan 10. Dalam pelaksanaan siswa dikelompokkan sesuai dengan mata pelajaran yang ditempuh, pelaksanaan bimbingan selama 2 bulan dengan materi sesuai dengan kompetensi dasar yang telah diajarkan. Setelah siswa bisa menuntaskan kriteria ketuntasan minimal, maka bimbingan belajar dinyatakan selesai. (3) Bimbingan belajar pada sekolah RSBI ditinjau dari proses pembelajaran menunjukkan hasil yang positif, dimana bimbingan belajar dapat meningkatkan semangat, keberanian, dan interaksi siswa. Sedangkan dari hasil prestasi belajar siswa yang dievaluasi melalui dengan tes lisan, tes tertulis, mampu meningkatkan ketercapaian KKM. Bagi siswa yang belum mencapai KKM maka dilakukan tindak lanjut berupa remidial.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Additional Information: RAK Q100/2011 - 33
Uncontrolled Keywords: perencanaan, pelaksanaan, hasil bimbingan belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Jan 2012 04:50
Last Modified: 18 Jan 2012 07:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16523

Actions (login required)

View Item View Item