Pengelolaan Pembelajaran Taman Kanak-Kanak Berbasis Sosial (Studi Situs di TK PG. Colomadu Kabupaten Karanganyar)

Aminatiningsih, Sri (2011) Pengelolaan Pembelajaran Taman Kanak-Kanak Berbasis Sosial (Studi Situs di TK PG. Colomadu Kabupaten Karanganyar). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (328kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (98kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (108kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran TK berbasis sosial, (2) Mendeskripsikan karakteristik media pembelajaran TK berbasis sosial, (3) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran TK berbasis sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian etnografi. Penelitian mengambil lokasi di Taman Kanak-Kanak PG. Colomadu, kecamatan Colomadu kabupaten Karanganyar. Sumber data diperoleh dari informan yaitu komponen sekolah meliputi kepala sekolah, guru, dan orang tua siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, dokumentasi, dan observasi berperan. Teknik analisa menggunakan matriks dinamika situs dengan langkah analisis meliputi membangun sajian, memasukkan data, menganalisis data, keragaman, dan saran. Keabsahan data diuji dengan menggunakan pengamatan yang terus menerus dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan pembelajaran berbasis sosial di Taman Kanak-kanak PG Colomadu memiliki karakteristik sebagai berikut: (1) perencanaan pembelajaran lebih menekankan pada penanaman nilai-nilai moral dan perilaku yang membentuk karakter anak melalui pendekatan tematik, (2) media pembelajaran berupa dongeng/cerita, permainan, pembiasaan perilaku santun, dan pemberian keteladanan, (2) pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan pemberian contoh cerita-cerita, pembiasaan perilaku santun dan permainan.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Additional Information: RAK Q100/2011 - 31
Uncontrolled Keywords: pengelolaan, pembelajaran berbasis sosial, studi situs
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Jan 2012 04:25
Last Modified: 18 Jan 2012 07:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16521

Actions (login required)

View Item View Item