Pudjiati, Retno (2011) Pengelolaan Disiplin Kerja Guru SMP RSBI (Studi Situs SMP Negeri 5 Sragen). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf Download (291kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (69kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (81kB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (124kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan (1) pengelolaan disiplin kerja guru dalam administrasi pembelajaran. (2) pengelolaan disiplin keja guru dalam proses belajar mengajar. (3) pengelolaan disiplin keja guru dalam kegiatan sekolah lainnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan desain etnografi. Penelitian ini dilakukan pada SMP Negeri 5 Sragen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan mengkaji dokumen dan arsip. Teknik analisis data menggunakan alur kegiatan, yakni data reduction, data display and conclusion drawing verification. Hasil penelitian: (1) Pengelolaan disiplin kerja guru dalam administrasi pembelajaran dilakukan kepala sekolah dengan memperhatikan kesiapan guru dalam menyusun program tahunan, program semester, rencana pelaksanaan pembelajaran dan instrumen evaluasi pembelajaran. Sedangkan kegiatan guru mengelola kedisiplinan dalam administrasi pembelajaran meliputi kedisiplinan guru dalam menyusun program tahunan, program semester, silabus, rencana pembelajaran dan instrumen evaluasi dalam bentuk RPP. RPP disusun guru bidang studi dalam bentuk kegiatan MGMP, guru agama, dan guru penjasorkes berdasarkan kurikulum dan silabus dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan. (2) Pengelolaan disiplin guru dalam kegiatan pembelajaran dilakukan kepala sekolah dengan melakukan supervisi pada saat guru melakukan proses pembelajaran. Sedangkan kegiatan guru dalam pengelolaan disiplin dalam kegiatan pembelajaran ditandai dengan kegiatan guru dalam melakukan pembelajaran sesuai dengan RPP. Pada akhir pembelajaran guru melakukan penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram, memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran, merencanakan kegiatan tindak lanjut dan menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. (3) Pengelolaan disiplin guru dalam evaluasi pembelajaran dilakukan kepala sekolah dengan melakukan pengawasan terhadap instrumen evaluasi pembelajaran, dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Sedangkan yang dilakukan guru dalam mengelola evaluasi pembelajaran adalah membuat kisi-kisi ulangan harian, penyusunan naskah soal ulangan harian, daftar nilai, remidial, pengayaan, dan akselerasi. Penyusunan kisi-kisi ulangan tersebut disampaikan kepada kepala sekolah sesuai dengan waktu yang telah dijadwalkan. Dalam evaluasi pembelajaran guru melakukan kegiatan penilaian terhadap hasil pembelajaran untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Additional Information: | RAK Q100/2011 - 29 |
Uncontrolled Keywords: | disiplin membuat administrasi pembelajaran, disiplin melaksanakan kegiatan pembelajaran, disiplin melaksanakan evaluasi pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 18 Jan 2012 04:11 |
Last Modified: | 18 Jan 2012 07:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16520 |
Actions (login required)
View Item |