Nurjanah, Siti (2007) Pendidikan akhlak yang terkandung dalam surat Al-Maidah ayat 8-11. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
Halaman_Depan.pdf Download (136kB) |
|
|
PDF
Bab_1.pdf Download (354kB) |
|
PDF
Bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (601kB) |
||
PDF
Bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (516kB) |
||
PDF
Bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (277kB) |
||
PDF
Bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
||
|
PDF
Dapus.pdf Download (106kB) |
Abstract
Al-an adalah salah satu kitab Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw guna memberikan petunjuk dan pedoman hidup bagi umat manusia dari masa ke masa, bahkan al- sesuatu. Sebagai kitab suci yang merupakan pedoman hidup dan dasar bagi setiap langkah hidup, al- Rabbnya, tetapi juga mengatur hubungan manusia dengan manusia dan alam sekitarnya. Al-Qur'an menyeru manusia agar antara lain mengarahkan hati dan jiwanya pada sifat-sifat yang terpuji. Apabila jiwa ini dididik untuk mngutamakan kemuliaan dan kebenaran, mencintai kebajikan dan membenci kejelekan, maka dengan mudah akan lahir darinya perbuatan-perbuatan yang baik. Perbuatan-perbuatan baik tersebut akan diikuti dengan akhlak baik seperti malu, murah hati, lemah lembut, sabar, bertanggung jawab, dermawan, berani, adil, dan segala perbuatan yang mencerminkan kemuliaan akhlak dan kesempurnaan jiwa. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian-Maidah Ayat 8- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan pendidikan akhlak dalam surat al-Maidah ayat 8-11. Secara teoritis penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi ilmu pendidikan Islam dan pendidikan akhlak. Dan secara praktis dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi penulis dan pembaca dalam memahami pesan yang terkandung dalam surat al-Maidah ayat 8-11 mengenai pendidikan akhlak. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yang menggunakan metode dokumentasi dengan mempelajari sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primernya adalah kitab suci al--Nur, Tafsir al-Azhar, Tafsir al-Misbah dan Tafsir al-Maraghi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif dan metode interpretasi. Metode komparatif yaitu metode yang membandingkan beberapa pendapat para ahli tafsir. Sedangkan metode interpretasi yaitu menafsirkan ayat atau hadits, setelah itu dianalisis kemudian ditarik suatu kesimpulan. Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa:1. Anjuran untuk menegakkan keadilan dalam setiap aspek kehidupan dan dalam kondisi apapun. 2. Anjuran untuk selalu beramal sholeh dan tidak mendustakan ayat-ayat Allah. 3. Anjuran untuk selalu mengingat nikmat Allah. 4. Anjuran untuk bertakwa kepada Allah. 5. Anjuran untuk bertawakal kepada Allah.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan akhlak, Surat al-maidah ayat 8-11 |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Ken Retno Yuniwati |
Date Deposited: | 10 Jan 2012 11:07 |
Last Modified: | 03 Mar 2012 05:58 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16494 |
Actions (login required)
View Item |