Pengelolalaan Sarana Pembelajaran SMA Negeri 2 Karanganyar Dalam Pelaksanaan Rintisan Sekolah Kategori Mandiri

KUNTADI , LANANG (2011) Pengelolalaan Sarana Pembelajaran SMA Negeri 2 Karanganyar Dalam Pelaksanaan Rintisan Sekolah Kategori Mandiri. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
Hlaman_depan.pdf

Download (57kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) Mendeskripsikan karakteristik pemanfaatan sarana pembelajaran SMA Negeri 2 Karanganyar dalam pelaksanaan Rintisan Sekolah Kategori Mandiri (2) Mendeskripsikan karakteristik perawatan sarana pembelajaran SMA Negeri 2 Karanganyar dalam pelaksanaan Rintisan Sekolah Kategori Mandiri. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bermaksud untuk memahami fenomena yang dialami oleh subjek penelitian, yaitu SMA Negeri 2 Karanganyar dalam mengelola sarana pembelajaran. Metode pengumpulan data adalah 1) wawancara dengan kepala sekolah, wakasek bidang sarana prasarana, dan komite sekolah, 2) observasi di lokasi penelitian, dan 3) dokumentasi. Proses analisis data meliputi: 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, dan 4) penarikan simpulan. Hasil penelitian adalah : 1) Pemanfaatan sarana pembelajaran di SMA Negeri 2 Karanganyar dimanfaatkan oleh seluruh warga sekolah (guru, tanaga kependidikan, dan siswa) dan masyarakat sekitar. Pemanfaatan sarana dan prasarana pembelajaran oleh guru adalah dimanfaatkan untuk mengerjakan administrasi sekolah, membuat soal, mencari informasi yang berkaitan dengan tugas guru. Disamping itu dimanfaatkan sebagai tempat pengadaan acara sosial kemasyarakatan. Pemanfaatan sarana pembelajaran bagi siswa adalah sebagai tempat mendukung pelaksaanan pembelajaran. 2) Perawatan sarana pembelajaran di SMA Negeri 2 Karanganyar dilakukan setiap hari dan berkala. Perawatan harian dilakukan oleh petugas kebersihan dan siswa pemakai. Perawatan berkala sarana dan prasarana pembelajaran sekolah dilakukan rutin sesuai jadwal pemeliharaan. Pemakai jasa kebersihan sebagai upaya pencegahan kerusakan sarana dan prasarana pembelajaran. Kata Kunci: pengelolaan, sarana pembelajaran, sarana dan prasarana sekolah

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan, sarana pembelajaran, sarana dan prasarana sekolah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 04 Jan 2012 10:09
Last Modified: 04 Jan 2012 15:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16434

Actions (login required)

View Item View Item