KUNTADI , LANANG (2011) Pengelolalaan Sarana Pembelajaran SMA Negeri 2 Karanganyar Dalam Pelaksanaan Rintisan Sekolah Kategori Mandiri. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Hal Depan)
Hlaman_depan.pdf Download (57kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf Download (30kB) |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
||
|
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
||
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
||
PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) Mendeskripsikan karakteristik pemanfaatan sarana pembelajaran SMA Negeri 2 Karanganyar dalam pelaksanaan Rintisan Sekolah Kategori Mandiri (2) Mendeskripsikan karakteristik perawatan sarana pembelajaran SMA Negeri 2 Karanganyar dalam pelaksanaan Rintisan Sekolah Kategori Mandiri. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bermaksud untuk memahami fenomena yang dialami oleh subjek penelitian, yaitu SMA Negeri 2 Karanganyar dalam mengelola sarana pembelajaran. Metode pengumpulan data adalah 1) wawancara dengan kepala sekolah, wakasek bidang sarana prasarana, dan komite sekolah, 2) observasi di lokasi penelitian, dan 3) dokumentasi. Proses analisis data meliputi: 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, dan 4) penarikan simpulan. Hasil penelitian adalah : 1) Pemanfaatan sarana pembelajaran di SMA Negeri 2 Karanganyar dimanfaatkan oleh seluruh warga sekolah (guru, tanaga kependidikan, dan siswa) dan masyarakat sekitar. Pemanfaatan sarana dan prasarana pembelajaran oleh guru adalah dimanfaatkan untuk mengerjakan administrasi sekolah, membuat soal, mencari informasi yang berkaitan dengan tugas guru. Disamping itu dimanfaatkan sebagai tempat pengadaan acara sosial kemasyarakatan. Pemanfaatan sarana pembelajaran bagi siswa adalah sebagai tempat mendukung pelaksaanan pembelajaran. 2) Perawatan sarana pembelajaran di SMA Negeri 2 Karanganyar dilakukan setiap hari dan berkala. Perawatan harian dilakukan oleh petugas kebersihan dan siswa pemakai. Perawatan berkala sarana dan prasarana pembelajaran sekolah dilakukan rutin sesuai jadwal pemeliharaan. Pemakai jasa kebersihan sebagai upaya pencegahan kerusakan sarana dan prasarana pembelajaran. Kata Kunci: pengelolaan, sarana pembelajaran, sarana dan prasarana sekolah
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan, sarana pembelajaran, sarana dan prasarana sekolah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 04 Jan 2012 10:09 |
Last Modified: | 04 Jan 2012 15:57 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16434 |
Actions (login required)
View Item |