Beni, Hck Astri Mart (2011) Penggunaan Media Dekak-Dekak Untuk Meningkatkan Prestasi Matematika Materi Perkalian Dan Pembagian Pada Siswa Kelas IIA SD Muhammadiyah 16 Karangasem,Kecamatan Laweyan,Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (147kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (54kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (74kB) |
|
PDF (Lampiran)
Halaman_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (754kB) |
Abstract
Karangasem,Kecamatan Laweyan,Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011 Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IIA SD Muhammadiyah 16 Karangasem, Laweyan, Surakarta yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran MATEMATIKA pada pokok bahasan perkalian dan pembagian.Hal ini dapat dilihat dari 1) kesiapan mengikuti pelajaran sebelum diadakan tindakan sebesar 57,14 %, putaran I sebesar 65,72%, putaran II sebesar 74,28%, di akhir putaran mencapai 82,85 %, 2) memperhatikan penjelasan guru sebelum diadakan tindakan sebesar 71,42 %, putaran I sebesar 74,28%, putaran II sebesar 80%, di akhir putaran mencapai 88,57 %, serta 3) mengerjakan soal latihan guru sebelum diadakan tindakan sebesar 94,28 %, putaran I sebesar 88,57%, putaran II sebesar 91%, pada di akhir putaran mencapai 97,14 %. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum diberikan tindakan kelas, prestasi belajar siswa hanya mencapai daya serap 65,85 %, putaran I sebesar 73%, putaran II sebesar 79,28% sedangkan di akhir tindakan prestasi belajar siswa mencapai daya serap 87,57 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran menggunakan media dekak-dekak dalam pembelajaran MATEMATIKA dapat meningkatkan nilai belajar siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | prestasi, pembelajaran, dekak-dekak. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 04 Jan 2012 06:42 |
Last Modified: | 04 Jan 2012 06:42 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16422 |
Actions (login required)
View Item |