Peningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam dengan Media KIT IPA Pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 01 Mojoroto Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011

Purnamasari, Ratna Dewi (2011) Peningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam dengan Media KIT IPA Pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 01 Mojoroto Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (65kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (112kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
Ratna_Dewi-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar IPA melaui media KIT IPA pada siswa Kelas VI SD Negeri 01 Mojoroto, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas tempat mengajar, dengan penekanan pada penyempurnaan atau peningkatan praktik dan proses dalam pembelajaran IPA. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 01 Mojoroto Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 30 siswa. Teknik analisis data digunakan analisis perbandingan, yakni dengan membandingkan nilai tes antarsiklus dan hasil belajar IPA awal siswa sebelum diberi tindakan. Yang dianalisis adalah nilai tes siswa sebelum menggunakan media KIT IPA; dan nilai tes siswa setelah menggunakan media KIT IPA; sebanyak dua siklus. Data yang berupa nilai tes antarsiklus tersebut dibandingkan hingga hasilnya dapat mencapai batas ketercapaian atau indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan: data awal hasil belajar IPA nilai rerata sebesar 59,50, siswa mendapat nilai 60 ke atas sebesar 66,67%. Berdasarkan data tersebut, secara klasikal belum mencapai ketuntasan belajar. Pada siklus I rerata nilai IPA sebesar 62,67, siswa mendapat nilai 60 ke atas mencapai 80%. Berdasarkan data tersebut, secara klasikal belum mencapai ketuntasan belajar. Pada siklus II rerata nilai IPA sebesar 68,17, siswa yang mendapat nilai 60 atau lebih sebanyak 28 siswa (93,33%). Berdasarkan data tersebut, secara klasikal telah mencapai ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: media KIT IPA dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI SD Negeri 01 Mojoroto Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPA, Media KIT IPA, dan Siswa Kelas VI SD Negeri 01 Mojoroto
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Jan 2012 06:25
Last Modified: 04 Jan 2012 06:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16420

Actions (login required)

View Item View Item