Peningkatan Pemahaman Konsep Penjumlahan, Pengurangan, dan Hasil Belajar Tentang Operasi Bilangan Bulat Melalui Pendekatan Sodakom Pada Siswa Kelas III SDN 01 Gebyog, Mojogedang, Karanganyar Tahun Pelajaran 2010 / 2011

TRISNANI, TRISNANI (2011) Peningkatan Pemahaman Konsep Penjumlahan, Pengurangan, dan Hasil Belajar Tentang Operasi Bilangan Bulat Melalui Pendekatan Sodakom Pada Siswa Kelas III SDN 01 Gebyog, Mojogedang, Karanganyar Tahun Pelajaran 2010 / 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (165kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR__PUSTAKA.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep penjumlahan, pengurangan, dan hasil belajar tentang operasi bilangan bulat dalam mata pelajaran matematika melalui pendekatan pembelajaran Sodakom pada siswa kelas III SDN 01 Gebyog, Mojogedang, Karanganyar Tahun Pelajaran 2010 / 2011. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian adalah terdiri dari 2 siklus. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 01 Gebyog, Mojogedang, Karanganyar yang berjumlah 40 orang terdiri dari laki-laki 24 anak, dan perempuan 16 anak dan guru sebagai pelaku peneliti dan kolabulator Kesimpulan Penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Penggunaan Pendekatan SODAKOM dapat meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan, (2) Penggunaan Pendekatan SODAKOM dapat meningkatkan pemahaman konsep pengurangan, dan (3) Penggunanan Pendekatan SODAKOM dapat meningkatkan hasil belajar tentang operasi bilangan bulat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendekatan pembelajaran, dan hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Jan 2012 05:34
Last Modified: 04 Jan 2012 05:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16414

Actions (login required)

View Item View Item