Sriyadi, Sriyadi (2011) Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Tentang Pemerintahan Pusat pada Pelajaran PKn Melalui Metode Point Conter (PCP) pada Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Pendem Kecamatan Mojogedang Tahun 2919/2911. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (160kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf Download (166kB) |
|
PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) |
||
PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) |
||
PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (889kB) |
||
PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (55kB) |
|
PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (759kB) |
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui (1) kualitas pembelajaran melalui penerapan metode Point Counter Point; (2) peningkatkan pemahaman siswa tentang konsep pemerintahan pusat pada pelajaran PKn dengan metode Point Counter Point siswa kelas IV SD Negeri 03 Pendem kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dan guru kelas IV SD Negeri 03 Pendem kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verivikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada pembelajaran pra siklus nilai formatif dari 20 siswa hanya 9 siswa yang tuntas atau 45%, sedangkan yang belum tuntas adalah 11 siswa atau 55%. Pada siklus I pelaksanaan metode Point Counter Point (PCP) dapat meningkatkan hasil ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 15 siswa atau 75% dari seluruh jumlah siswa kelas IV. Pembelajaran siklus II terdapat 3 siswa yang belum tuntas atau 85% dari jumlah keseluruhan siswa. Sedangkan dari batas tuntas pada indikator pencapaian harus tercapai 90% siswa yang mampu memahami konsep pemerintahan pusat. Jadi pada siklus III hasil ketuntasan siswa adalah 95% atau 19 siswa, sedangkan yang tidak tuntas tinggal 1 siswa atau 5%nya. Oleh karena itulah pada siklus III ketuntasan telah mencapai target dari indikator ketuntasan 90% dari KKM 60. Dengan demikian hipotesis tindakan yang dirumuskan yakni ” Penggunaan Metode Point Counter Point dapat Meningkatkan Pemahaman Konsep Pemerintahan Pusat pada pelajaran PKn Siswa Kelas IV Semester II SD Negeri 03 Pendem Tahun Pelajaran 2010/2011” dapat terjawab atau diterima.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode Point Counter Point (PCP), pemahaman konsep pemerintahan pusat. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 04 Jan 2012 05:25 |
Last Modified: | 04 Jan 2012 05:25 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16413 |
Actions (login required)
View Item |