Pengaruh Kepribadian dan Sikap Sosial Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas IV SD Negeri Karaban 2 Pati Tahun Ajaran 2010/2011

HAPSARI, LUKI (2011) Pengaruh Kepribadian dan Sikap Sosial Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas IV SD Negeri Karaban 2 Pati Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
cover.pdf

Download (102kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (65kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh kepribadian siswa terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan 2) Pengaruh sikap sosial siswa terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan 3) Pengaruh kepribadian dan sikap sosial siswa terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripsi kuantitatif. Penelitian mengambil lokasi di SD Negeri Karaban 2 Pati. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Karaban 2 Pati tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian koefisien regresi linear ganda ( uji t), dan uji keberartian regresi linear ganda ( uji F) , selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relative dan sumbangan efektif. Hasil penelitian ini adalah 1) Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh nilai Fhitung sebesar 13,416, sedangkan Ftabel untuk derajat kebebasan dengan pembilang 2 dan penyebut 30 pada tingkat kesalahan 5% adalah 3,316, sehingga Freg > Ftabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian yang menyatakan “ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kepribadian dan sikap sosial siswa terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas IV SD N Karaban 2 Pati tahun ajaran 2010/1011” dapat diterima. 2) berdasarkan analisis regresi ganda, Koefisien korelasi ganda ( R2) atau koefisien determinasi yang diperoleh adalah 0,472. Arti dari koefisien ini adalah bahwa pengaruh yang diberikan oleh kombinasi variable kepribadian dan sikap sosial terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan adalah sebesar 47,2 %, sedangkan sisanya 52,8 % dipengaruhi oleh variable lain. 3) Variabel kepribadian memberikan sumbangan efektif 25,9%. Variabel sikap sosial memberikan sumbangan efektif 21,3%, jadi total sumbangan efektif adalah sebesar 47,2%, sedangkan 52,8% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A510/2011-049
Uncontrolled Keywords: kepribadian siswa, sikap sosial siswa dan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2012 08:31
Last Modified: 11 Jan 2012 05:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16407

Actions (login required)

View Item View Item