Pengelolaan Tamana Kanak-kanak Berbasis Alam: Studi Situs TK Alam Surya Mentari

Sakura, Shinta Candra (2011) Pengelolaan Tamana Kanak-kanak Berbasis Alam: Studi Situs TK Alam Surya Mentari. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf

Download (62kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) mendeskripsikan karakteristik pengelolaan sarana dan prasarana fisik di TK Alam Surya Mentari Surakarta. 2) mendeskripsikan karakteristik pengelolaan proses pembelajaran di TK Alam Surya Mentari Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, strategi penelitian yang digunakan adalah dengan menerapkan pendekatan etnografi. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil lokasi di TK Alam Surya Mentari Surakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi, dan meneliti dokumentasi dari dokumen-dokumen tertulis yang dapat melengkapi data penelitian. Keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik triangulasi yaitu teknik pengecekan data dari berbagai sumber dengan berbagai cara dan berbagai waktu. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Pengadaan sarana dan prasarana fisik di TK Alam Surya Mentari berorientasi pada fungsi pendukung pembelajaran. Dalam realisasinya, TK Alam Surya Mentari memiliki sarana dan prasarana (fasilitas) yang tergolong dalam alat-alat elektronik, sarana dan prasarana (fasilitas) di dalam ruangan kelas, dan memiliki sarana dan prasarana (fasilitas) di luar ruangan kelas. Secara garis besar, TK Alam Surya Mentari memiliki sarana dan prasarana (fasilitas) yang terkait langsung dengan pembelajaran maupun juga fasilitas yang tidak terkait secara langsung dengan pembelajaran. Pengelolaan sarana dan prasarana (fasilitas) dikoordinatori oleh koordinator sarana dan prasarana yang merangkap sebagai guru kelas. 2) Proses pembelajaran di TK Alam Surya Mentari ditunjang dengan Struktur Organisasi Muhammadiyah Kota Surakarta yaitu pimpinan daerah kota Surakarta. Tujuan dari pembelajaran adalah cerdas dalam ilmu agama dan umum serta amaliyahnya. Manajemen pembelajaran dilakukan dengan tiga cara yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pengawasan. Kurikulum Kolaborasi dari Dinas Pendidikan (KBK tahun 2004), Kurikulum Departemen Agama, dan Kurikulum Internal Sekolah. Sistem Pembelajaran dilakukan dengan strategi PAIKEM-GEM BROT. Proses pembelajaran di TK Alam Surya Mentari tidak dapat dilepaskan dari program kerja sekolah yang berisi peningkatan mutu pendidikan, peningkatan SDM (kreativitas guru), serta peningkatan sarana dan prasarana. Kegiatan supervisi yang tiga kegiatan yaitu program, pelaksanaan, dan follow up. Akreditasi sekolah A. Pembelajaran bagi siswa ditujukan untuk pengembangan kreatifitas, target pencapaian kurikulum, pembinaan anak bermasalah, dan daya serap siswa. Untuk itu dilaksanakan kegiatan ektra dan intra kurikuler serta program penunjang pembelajaran. Pengelolaan sekolah telah melibatkan warga masyarakat.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan, TK berbasis alam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Dec 2011 10:43
Last Modified: 23 Dec 2011 10:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16305

Actions (login required)

View Item View Item