Harsana , Harsana (2011) Pembelajaran Cooperative Learning, Terstruktur, dan Prestasi Belajar Matematika (Studi Eksperimen di SMP Negeri 2 Kebakkramat). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Hal Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (75kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf Download (34kB) |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
||
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
||
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (7kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (294kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajarkan dengan pembelajaran cooperative learning dengan siswa yang diajarkan dengan metode konvensional terhadap prestasi belajar matematika. (2) Mendeskripsikan perbedaan yang signifikan antara siswa yang minat belajarnya tinggi dengan siswa yang minat belajarnya rendah terhadap prestasi belajar matematika siswa. (3) Mendeskripsikan interaksi yang signifikan antara siswa yang diajarkan dengan pembelajaran cooperative learning dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Metode pengumpulan data adalah purposive random sampling dan kuesioner. Proses analisis data meliputi: 1) uji normalitas, 2) uji homogenitas, 3) uji reliabilitas, dan 4) uji multifaktor varian. Berdasarkan analisis diperoleh kesimpulan: 1) efektifitas pembelajaran kooperatif diperoleh uji coba pada kelas eksperimen diperoleh hasil 84,88 ; 2) perbedaan prestasi belajar siswa dibuktikan dengan hasil dari uji t yaitu 2,308 dengan nilai probabilitas 0,026 yang nilainya lebih kecil dari 0,05. Dari hasil analisis kualitatif terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dan eksperimen dan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses diskusi, meningkatkan motivasi siswa dalam belajar matematika serta terjadi peningkatan prestasi belajar matematika siswa di SMP Negeri 2 Kebakkramat. Pembelajaran cooperative learning merupakan model pembelajaran yang baru bagi para siswa, siswa merasa kedua teknik pembelajaran tersebut cukup dapat membantu mereka dalam memahami pelajaran dan mereka cukup menyukai penerapan kedua teknik pembelajaran tersebut dalam pembelajaran matematik Kata kunci: pembelajaran cooperative learning, pembelajaran terstruktur
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran cooperative learning, pembelajaran terstruktur |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 23 Dec 2011 10:24 |
Last Modified: | 23 Dec 2011 10:26 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16301 |
Actions (login required)
View Item |