Abror, Muhlas (2011) Pengelolaan Supervise Klinis ( studi situs SDN 2 Pegulon Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal ). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HAL_DEPAN.pdf Download (358kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAP1.pdf Download (199kB) |
|
PDF (Bab II)
BAP1.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
||
PDF (Bab III)
BAP2.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAP4.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
||
PDF (Bab V)
BAP5.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAP6.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTARPUSTAKA.pdf Download (225kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (685kB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Mendiskripsikan perencanaan Supervisi Klinis di SD N 2 Pegulon Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal,2) Mendiskripsikan pengelolaan Supervisi Klinis di SD N 2 Pegulon Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal,3) Mendiskripsikan umpan balik pengelolaan Supervisi Klinis di SD N 2 Pegulon Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif fenomenologis.Lokasi penelitian ini di SD N 2 Pegulon Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal. Data berupa data primer dan data sekunder yaitu : foto,arsip dan wawancara tentang pengelolaan supervisi klinis di SD N 2 Pegulon Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal.Nara sumbernya adalah Kepala Sekolah,guru dan Karyawan.Tehnik pengumpulan datanya adalah wawancara mendalam ,obsrvasi dan dokumentasi.tehnik analisa data yang di gunakan adalah reduksi data,sajian data,kesimpulan.Kemudian keabsahan datanya adalah triangulasi sumber,triangulasi metode dan review informan. Hasil penelitiannya adalah : pengelolaan supervisi klinis SD N 2 Pegulon Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal merupakan aktivitas pembinaan oleh Kepala sekolah untuk membantu para guru yang mengalami permasalahan dalam proses kegiatan belajar mengajar.Bimbingan yang diberikan bersifat bantuan,bukan perintah maupun instruksi. Ada tiga tahapan yang dilakukan dalam supervisi klinis yaitu : tahap pertemuan awal,tahap pengamatan dan tahap analisis hasil pengamatan dan tindak lanjut.pelaksanaan supervisi klinis di catat dalam sbuah form pelaksanaan supervisi akademik dan di isi berdaskan hasil pngamatan dalam supervisi.Permasalahan yang sering ditemui dalam supervisi klinis adalah masih kurangnya buku pendamping bagi anak sehingga guru mengalami kesulitan terhadap anak yang kurang bisa beradaptasi dengan teman yang lainnya
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan,supervisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 23 Dec 2011 10:14 |
Last Modified: | 23 Dec 2011 10:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16299 |
Actions (login required)
View Item |