Purwanta, Purwanta (2011) Pengelolaan Kualitas Pembelajaran di Madrasah (Studi Situs di MTs Negeri 1 Karanganyar). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Bagian_Awal__rev_.pdf Download (37kB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf Download (39kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
PDF (Bab III)
Bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (47kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
||
PDF (Bab VI)
Bab_6.pdf Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAPUS.pdf Download (27kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) perencanaan pengelolaan pembelajaran dalam mewujudkan kualitas pembelajaran di madrasah, 2) pelaksanaan pengelolaan pembelajaran dalam mewujudkan kualitas pembelajaran di madrasah, dan 3) evaluasi pengelolaan pembelajaran dalam mewujudkan kualitas pembelajaran di madrasah. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Informan penelitian adalah Kepala dan guru MTs Negeri Karanganyar. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi berperan, wawancara mendalam, dan pencatatan dokumen. Wawancara dan observasi untuk memperoleh data yang valid dan reliabel sedangkan dokumentasi untuk memperoleh data pelengkap. Analisis data penelitian menggunakan analisis interaktif model. Kesimpulan hasil penelitian adalah : (1) Perencanaan pengelolaan pembelajaran dalam mewujudkan kualitas pembelajaran di MTs Negeri Karanganyar bercirikan: ketersediaan silabus, penyusunan rencana program pembelajaran yang dilakukan oleh guru mengacu pada silabus; perencanaan pengelolaan pembelajaran mengacu pada visi dan misi sekolah; adanya keterlibatan aktif guru dalam proses penyusunan program pengajaran; pembelajaran yang direncakan adalah pembelajaran aktif, kreatif, efektif, inovatif dan menyenangkan; pembuatan sumber belajar secara interaktif dan kontektual dengan menggunakan media pembelajaran atau alat peraga yang dimodifikasi; adanya pertimbangan alokasi waktu dengan teknik penilaian berbasis kelas. (2) Pelaksanaan pengelolaan pembelajaran dalam mewujudkan kualitas pembelajaran di madrasah MTs Negeri Karanganyar melalui kegiatan– kegiatan (rutin, kegiatan spontan, kegiatan teladan maupun kegiatan terprogram) dapat dilaksanakan dengan strategi pembelajaran yang bervariasi. Pada pelaksanaan pembelajaran, guru menggunakan pendekatan terpadu dan kontekstual untuk memberikan pengalaman langsung sehingga perubahan perilaku siswa dapat teramati dengan baik. Pelaksanaan pembelajaran di luar ruangan dilakukan dengan mengadakan kunjungan ke lapangan, berinteraksi dengan orang lain ternyata dapat membantu meningkatkan kompetensi siswa, karena dengan aktivitas tersebut siswa dihadapkan secara langsung pada kondisi yang sesungguhnya. (3) Evaluasi pengelolaan pembelajaran dalam mewujudkan kualitas pembelajaran di madrasah MTs Negeri Karanganyar mencakup penilaian kognitif, sikap dan perilaku melalui tes, observasi, dengan teknik unjuk kerja, maupun dengan penugasan. Melalui kegiatan evaluasi memperlihatkan kemampuan siswa dalam menyerap materi, perilaku siswa dalam keseharian dan sebagainya.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan, kualitas pembelajaran, madrasah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 23 Dec 2011 09:19 |
Last Modified: | 23 Dec 2011 09:19 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16291 |
Actions (login required)
View Item |