Wahyuni, Ari (2011) Peningkatan Mutu Pembelajaran IPS Terpadu Berbasis KTSP (Studi situs SMP Negeri 7 Klaten). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (47kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (47kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan : (1) Ciri-ciri pelaksanaan pembelajaran IPS Terpadu berbasis KTSP di SMP Negeri 7 Klaten dan (2) Ciriciri peningkatan mutu pembelajaran IPS Terpadu berbasis KTSP di SMP Negeri 7 Klaten. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 7 Klaten. Sumber data atau informan adalah wakil kepala sekolah dan beberapa guru, adapun informan kunci (key informan) adalah kepala sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan observasi, teknik analisis data menggunakan teknik interaktif, yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Keabsahan data digunakan derajat kepercayaan (credebility), pemeriksaan data keteralihan (transferability), ketergantungan (dependalition), dan kepastian (confirmability). Hasil penelitian mengenai ciri-ciri pelaksanaan pembelajaran IPS Terpadu berbasis KTSP di SMP Negeri 7 Klaten adalah : (1) Semakin guru dapat merancang pembelajaran dengan baik dan cermat sesuai dengan petunjuk KTSP maka guru akan dapat menjalankan proses pembelajaran dengan benar, (2) Apabila guru ingin membuat perencanaan pembelajaran, maka harus disesuaikan dengan kondisi dan potensi siswa juga disesuaikan dengan aspek kompetensi yang hendak dikembangkan, (3) Apabila guru akan melaksanakan pembelajaran IPS Terpadu maka guru harus berpedoman pada pengembangan silabus yang telah ditentukan, dan (4) Semakin besar penggunaan sumber belajar dan media pembelajaran yang dilakukan secara variatif maka akan semakin tercipta lingkungan belajar yang kondusif dan menyenangkan. Sedangkan mengenai ciriciri peningkatan mutu pembelajaran IPS Terpadu berbasis KTSP di SMP Negeri 7 Klaten hasilnya adalah : (1) Apabila guru ingin meningkatkan mutu pembelajaran IPS Terpadu maka harus berbasis pada perbaikan yang berkelanjutan, (2) Semakin meningkat profesionalisme guru dalam pembelajaran IPS Terpadu maka akan semakin meningkat pula mutu pembelajaran dan (3) Jika ingin pelaksanaan pembelajaran meningkat mutunya sesuai dengan pelaksanaan pembelajaran yang diamanatkan KTSP maka guru harus ikut dalam penyusunan kurikulum sekaligus berusaha melaksanakannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peningkatan mutu, pembelajaran IPS terpadu. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 23 Dec 2011 04:22 |
Last Modified: | 23 Dec 2011 04:22 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16281 |
Actions (login required)
View Item |