Yuliani, Nanik (2011) Pengelolaan Bimbingan Belajar Pada Anak Ekonomi Lemah Studi Kasus Pada Bimbingan Belajar “PRESTASI” di Kebakkramat Karanganyar. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (77kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (27kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB__III.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (20kB) |
Abstract
Bimbingan belajar atau sekolah pada suatu lembaga pendidikan adalah konsep pendidikan alternatif yang diselenggarakan oleh sebuah lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui karakteristik kurikulum yang dipakai di lembaga bimbingan belajar “PRESTASI”, (2) mengetahui karakteristik hubungan pembelajaran antara guru dengan peserta didik di lembaga bimbingan belajar “PRESTASI”, dan (3) mengetahui karakteristik materi ajar di lembaga bimbingan belajar “PRESTASI”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik di lembaga bimbngan belajar “PRESTASI”. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi data. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan studi etnografi karena peneliti berada diantara objek yang diteliti dalam jangka waktu tertentu. Model analisis yang digunakan adalah analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles & Huberman yang terdiri dari reduksi data, data display, dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Karakteristik kurikulum yang dipakai di lembaga bimbingan belajar “PRESTASI” yaitu kurikulum correlated and integrated, lokasinya strategis sehingga hal ini membuat peserta didik bisa menggunakan fasilitas yang ada untuk belajar dimana saja, kapan saja dan dengan siapa saja; peserta didik berfikir kritis, kreatif dan proaktif sedang gurunya berani melakukan perubahan untuk merekonstruksi makna belajar yang sesungguhnya. 2) Karakteristik hubungan pembelajaran antara guru dengan peserta didik menunjukkan bahwa adanya komunikasi yang efektif antara guru dan murid karena diantara mereka saling mempunyai komitmen untuk mengembangkan kesabaran, memberi dan menerima nilai-nilai hidup, dan disiplin. 3) Karakteristik materi ajar di lembaga bimbingan belajar “PRESTASI” yaitu menggunakan pendekatan unit study dan eclectic. Sumber belajar dari media elektronik dan cetak. Adapun evaluasinya adalah melihat anak masih tersenyum berarti menunjukkan anak bahagia. Proses pembelajaran ditentukan oleh orang tua berdasar atas kebutuhan anak dan dilakukan secara fleksibel. Perkembangan kognitif, sosial, dan kesadaran beragama peserta didik di lembaga bimbingan tersebut berlangsung dengan baik. Hal ini terlihat dari lompatan belajar yang mereka lakukan; rasa percaya diri, keberanian dan empati yang mereka miliki; serta pengamalan ajaran agama yang mereka anut.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bimbingan belajar, siswa, guru, ekonomi lemah, karakteristik, dan belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 Dec 2011 07:21 |
Last Modified: | 22 Dec 2011 07:21 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16257 |
Actions (login required)
View Item |