SUBODRO, ROHMAT (2011) Pengelolaan Guru Dalam Peningkatan Kompetensi Mengajar Kejuruan Di SMK Pembangunan Nasional Sukoharjo. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf Download (326kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (22kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
||
PDF (Bab VI)
08._BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) menganalisis tingkat kompetensi mengajar guru Kejuruan Kejuruan di SMK Pembangunan Nasional Sukoharjo; dan 2) menganalisis pengelolaan guru dalam peningkatan kompetensi mengajar Kejuruan di SMK Pembangunan Nasional Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain etnografi. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Pembangunan Nasional Sukoharjo Tahun pelajaran 2010/2011. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, waka sarana prasarana, waka humas, ketua jurusan, dan guru kejuruan SMK Pembangunan Nasional Sukoharjo. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan seleksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Perencanaan peningkatan kompetensi mengajar guru kejuruan dilakukan kepala sekolah dengan menyusun data guru meliputi profil, keterampilan dan keahlian, perkembangan kemampuan mengajar; membuat perencanaan untuk mengikutsertakan guru kejuruan dalam setiap kegiatan pendidikan dan pelatihan, in house training, maupun magang; dan guru mempersiapkan perangkat pembelajaran kejuruan; 2) Pengorganisasian peningkatan kompetensi mengajar guru kejuruan dilakukan kepala sekolah dengan memberikan kesempatan kepada guru kejuruan untuk memperbaiki dan meningkatkan ketrampilan mengajar dengan membuat jadwal pengiriman diklat; 3) Kepala sekolah melaksanakan peningkatan kompetensi mengajar guru kejuruan dengan menyelenggarakan kerjasama dengan instansi lain untuk kegia tan in house training , menginstruksikan kepada guru untuk membuat karya -karya ilmiah, menstimulasi kepada guru untuk menciptakan peralatan teknologi berbasis kejuruan, menstimulasi guru untuk meningkatkan kemampuan berbahasa asing dengan menyelenggarakan kursus bahasa inggris, serta menstimulasi kepada guru untuk meningkatkan keterampilan penguasaan kejuruan dengan magang di perusahaan-perusahaan; dan 4) Pengawasan peningkatan kompetensi mengajar guru kejuruan dilakukan kepala sekolah dengan membuat lapora n formal hasil diklat guru, melakukan pengawasan langsung, melakukan konfirmasi dengan pihak ketiga, dan melakukan verifikasi dari hasil laporan dan pengamatan sebagai pertimbangan untuk pertanggungjawaban hasil diklat guru.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan, kompetensi, mengajar, guru. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 Dec 2011 06:45 |
Last Modified: | 22 Dec 2011 06:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16254 |
Actions (login required)
View Item |