SYAMSIYAH, SITI (2011) Pola Pendampingan Program Inklusi di Taman Pendidikan Prasekolah Al Firdaus Surakarta. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan_Tesis.pdf Download (92kB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf Download (48kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
||
PDF (Bab III)
Bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (541kB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_5.pdf Restricted to Registered users only Download (26kB) |
||
PDF (Bab VI)
Bab_6.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) cara merancang program kelas pendampingan yang dikembangkan; 2) pelaksanaan program kelas pendampingan dalam rangka menangani ABK dengan pendekatan inklusif; 3) teknik evaluasi yang dikembangkan program kelas pendampingan dalam rangka menangani ABK; dan 4) karakteristik faktor pendukung dan penghambat program kelas pendampingan TPP Al Firdaus Surakarta dalam rangka menangani ABK dengan pendekatan inklusif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Desain yang digunakan adalah studi kasus. Penelitian dilaksanakan di TPP Al Firdaus Surakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumen. Teknik analisis data dilakukan menggunakan analisis interaktif dari Miles dan Huberman. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi, member check, dan key informant review. Penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Cara merancang program kelas pendampingan yang dikembangkan oleh TPP Al Firdaus Surakarta tercermin dalam rangkaian kegiatan perencanaan intervensi program kelas pendampingan yang meliputi tahapan-tahapan: (a) Pemantauan perkembangan peserta didik; (b) Identifikasi awal; (c) Pengumpulan data/assesment; (d) Analisis kebutuhan siswa; (e) Perencanaan program intervensi individual; (f) Pelaksanaan program intervensi individual; dan (g) Monitoring dan evaluasi program intervensi; 2) Pelaksanaan program kelas pendampingan dilakukan dengan cara mengelompokkan anak berkebutuhan khusus ke dalam tiga kategori yaitu; kesulitan belajar, hambatan belajar, dan lamban belajar. Program kelas pendampingan dikelola oleh SDM yang terdiri dari; psikolog, okupasi terapis, guru pembimbing khusus dan konselor; 3) Teknik evaluasi yang dikembangkan program kelas pendampingan dilakukan dengan prinsip: (a) Keterpaduan dan koherensi evaluasi; (b) Penggunaan hasil evalusi untuk memotivasi siswa dengan sistem penghargaan dan hukuman; (c) Hasil Evaluasi sebagai laporan hasil (tingkat penguasaan) belajar siswa didik; (d) Evaluasi sebagai laporan pertanggungjawaban tingkat keberhasilan program terapi/ pembelajaran dan tindak lanjut dari program tersebut; dan (e) Anak yang mendapatkan program intervensi akan mendapatkan dua Raport, satu Raport dari TPP dan satu Raport dari Puspa Al Firdaus; dan 4) Karakteristik faktor pendukung dan penghambat program kelas pendampingan TPP Al Firdaus Surakarta diklasifikasikan ke dalam 7 (tujuh) aspek yaitu, organisasi dan manajemen, administrasi, program intervensi, SDM, sarana prasarana, biaya, serta jaringan dan kerjasama.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program Inklusi, pola pendampingan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 Dec 2011 06:36 |
Last Modified: | 22 Dec 2011 06:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16251 |
Actions (login required)
View Item |