Budiarti, Siswati (2011) Pengelolaan Kenakalan Siswa (Studi Situs Pada SMP Negeri 1 Baki Kabupaten Sukoharjo). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Cover.pdf Download (310kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (90kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (90kB) |
|
PDF (Lampiran)
FOTO-FOTO.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Karakteristik sumbersumber kenakalan siswa di SMP Negeri 1 Baki Sukoharjo. (2) Karakteristik jenisjenis kenakalan siswa di SMP Negeri 1 Baki Sukoharjo. (3) Karakteristik pengelolaan/penanganan kenakalan siswa di SMP Negeri 1 Baki Sukoharjo. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Baki Sukoharjo, dengan jenis penelitian kualitatif. Model analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis data tertata dalam situs untuk diskripsi. Hasil penelitian ini adalah (1) Karakteristik sumber-sumber kenakalan siswa di SMP Negeri 1 Baki Sukoharjo antara lain meliputi: a) Faktor keluarga, yang meliputi kondisi sosial ekonomi orang tua; b) Faktor pergaulan, yaitu pergaulan yang salah dalam memilih teman; c) Faktor lingkungan, yaitu lingkungan yang kurang kondusif bagi perkembangan psikis siswa; d) Faktor lemahnya kontrol, baik dari orang tua saat siswa di rumah maupun guru saat siswa di sekolah; e) lembahnya kontrol keluar masuknya siswa melalui pintu gerbang; f) tidak tersedianya kantin sekolah yang memadai. (2) Karakteristik jenis-jenis kenakalan siswa di SMP Negeri 1 Baki Sukoharjo dikelompokkan menjadi dua kategori yaitu kenakalan di luar proses pembelajaran dan kenakalan pada saat proses pembelajaran. Di luar proses pembelajaran, perilaku menyimpang siswa dapat berupa; membolos, nongkrong, merokok, membentuk klik, corat-coret di tembok dan sarana sekolah lainnya, menggangu teman dan adik kelas. Kenakalan siswa pada saat proses pembelajaran meliputi menyontek saat ujian/tes dan membuat gaduh suasana kelas. (3) Karakteristik pengelolaan/penanganan kenakalan siswa di SMP Negeri 1 Baki Sukoharjo dilakukan dengan dua cara yaitu; pencegahan dan penindakan. Pencegahan kenakalan siswa dilakukan melalui pemanfaatan masa orientasi sekolah (MOS), rasia, penyuluhan dari Kepolisian, Dinas Kesehatan, penyuluhan kesehatan reproduksi remaja (KRR), pembinaan penilaian walikelas serta pendidikan budi pekerti dan bimbingan konseling Upaya penindakan ditempuh melalui dua cara yaitu pemberian hukuman dan pemberian poin kredit pelanggaran.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan, kenakalan, siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 Dec 2011 06:19 |
Last Modified: | 19 Nov 2019 06:12 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16250 |
Actions (login required)
View Item |