Suardi, Nurkholis Bibit (2011) Strategi Dakwah Menurut Hasan Al-Banna. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (67kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (42kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
Abstract
Gerakan dakwah yang dilakukan oleh Hasan Al-Banna telah menyebar keseluruh Mesir serta keberbagai dunia terutama Negara Indonesia, menjadikan penulis tertarik untuk menelitinya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep dakwah menurut Hasan Al-Banna, Strategi dakwah yang dilakukan Hasan Al-Banna untuk mencapai tujuan dakwahnya. Serta Keunggulan dan kelemahan dakwah Hasan Al-Banna.Penilitian ini termasuk jenis penelitian bibliografis dan kualitatif, karena itu sepenuhnya bersifat library research (penelitian kepustakaan) dengan pendekatan historis-filosofis. Data yang diperoleh akan dianalisis secara berututan dan interaksionis yang terdiri dari tiga tahap yaitu: 1) Reduksi data, 2) Pernyajian data , 3) Penarikan simpulan atau verifikasi. Didapatkan hasil penelitian bahwa Konsep dakwah menurut Hasan Al-Banna adalah mengajak dan memanggil umat manusia agar menerima dan mempercayai keyakinan dan pandangan hidup Islam dengan menyampaikan kebenaran Ilahi kepada setiap manusia adalah tugas kerisalahan setiap orang beriman sepanjang hayatnya. Adapun strategi dakwah yang dilakukan Hasan Al-Banna adalah diawali dengan membangun individu yakni dengan memperbaiki diri, sehingga menjadi pribadi yang kuat fisik, teguh dalam berakhlak, luas dalam berfikir, mampu mencari nafkah, lurus berakidah dan benar dalam beribadah, kemudian membentuk rumah tangga Islami. Dilanjutkan memotivasi masyarakat untuk menyebarkan kebaikan, memerangi kemungkaran dan kerusakan.keunggulan dakwah yang dilakukan oleh Hasan al Banna adalah; Kemampuan beliau menggunakan tempat-tempat tertentu untuk dijadikan tempat dakwah, misalnya kedai kopi, kemampuan beliau untuk menyampaikan materi dakwah yang berfariasi, sesuai dengan keragaman para mad’u, penghormatan kepada Ulama, kemampuanya dalam bekerja sama dalam dakwah bersama Salafiyin, para syaikh di kalangan Sufiyin, serta mampu bekerjasama dengan berbagai Lembaga. Disamping itu beliau juga menerbitkan buku-buku dan majalah, melakukan ziarah ke berbagai kota dan mengadakan kontak dengan Ulama. Akibatnya dakwah beliau membawa pengaruh di dunia Islam. Sedangkan kelemahan dakwah yang beliau lakukan menurut penulis adalah adalah ketidak setujuannya dengan multipartai dan lebih setuju terhadap satu partai, namun pada kenyataanya munculnya satu partai menghadirkan kediktatoran.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi, dakwah, ikhwan al-Muslimin. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pemikiran Islam |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 21 Dec 2011 07:11 |
Last Modified: | 21 Dec 2011 07:11 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16218 |
Actions (login required)
View Item |