Upaya Meningkatkan Ketrampilan Menulis Paragraf Deskripsi Melalui Metode Sugesti-Imajinasi dengan Media Tembang Macapat pada Siswa Kelas V SD Negeri Karanganyar 2 Sambungmacan Sragen Tahin Pelajaran 2011/2012

SUHARTI, NING (2011) Upaya Meningkatkan Ketrampilan Menulis Paragraf Deskripsi Melalui Metode Sugesti-Imajinasi dengan Media Tembang Macapat pada Siswa Kelas V SD Negeri Karanganyar 2 Sambungmacan Sragen Tahin Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (183kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa kelas V SD Negeri Karanganyar 2 Sambungmacan, Sragen Tahun Ajaran 2010/2011 melalui metode sugesti-imajinasi dengan media tembang macapat. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di SDN Karanganyar 2 Kecamatan Sambungmacan, Sragen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Karanganyar 2 yang berjumlah 40 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa, guru, dan observer. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes atau pemberian tugas dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan bentuk triangulasi sumber data.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif. Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, dan penyusunan laporan. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan interpretasi, serta analisis dan refleksi. Setelah melakukan aplikasi pendekatan, observasi proses, evaluasi hasil dan refleksi pembelajaran sebanyak dua siklus, penelitian ini membuktikan bahwa metode sugesti-imajinasi dengan media tembang macapat dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran menulis paragraf deskripsi. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan kualitas proses pembelajaran yang ditunjukkan oleh keaktifan siswa selama proses belajar mengajar berlangsung, kerja sama dan kekompakkan siswa dalam tim atau kelompok, serta keseriusan siswa dalam mengerjakan tugas menulis paragraf deskripsi Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam menulis paragraf deskripsi yang meningkat dari siklus I, dan siklus II. Pada siklus I, jumlah siswa yang mencapai batas ketuntasan, sebesar 65% (26 siswa), dan siklus II terjadi peningkatan sebesar 89% (36 siswa). Hal ini membuktikan bahwa metode sugesti-imajinasi dengan media tembang macapat mampu mengaktifkan siswa dalam proses belajar mengajar dan sekaligus meningkatkan hasil belajar, yakni kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, metode sugesti-imajinasi dengan media tembang macapat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2011 06:29
Last Modified: 20 Dec 2011 06:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16175

Actions (login required)

View Item View Item