Hubungan Indeks Masa Tubuh (IMT) Dan Rasio Lingkar Pinggang Pinggul Dengan Profil Lipid Pada Wanita Usia Subur (WUS) Di Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman Yogyakarta

TRAPSILOWATI, NUNUNG (2011) Hubungan Indeks Masa Tubuh (IMT) Dan Rasio Lingkar Pinggang Pinggul Dengan Profil Lipid Pada Wanita Usia Subur (WUS) Di Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman Yogyakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN_dll.pdf

Download (799kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (116kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (984kB)

Abstract

Pendahuluan:.Indikator untuk mengetahui status gizi dapat menggunakan antropometri, biokimia, pemeriksaan klinik dan dietary history. Pengukuran antropometri yang paling sering digunakan adalah rasio antara berat badan (kg) dan tinggi badan (m) kuadrat, yang disebut Indeks Massa Tubuh (IMT) sebagai parameter obesitas. Distribusi lemak tubuh, terutama di perut merupakan suatu faktor risiko tersendiri terhadap kesehatan,adanya lemak dalam rongga perut dapat diketahui dari hasil bagi antara lingkar pinggang dengan lingkar pinggul. Penelitian epidemiologis menunjukkan bahwa rasio pinggang pinggul merupakan pengukuran untuk mengetahui faktor risiko penyakit kardiovaskular dari obesitas pada wanita sebelum menopause Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan menganalisis hubungan IMT, rasio lingkar pinggang pinggul dengan profil lipid yang meliputi kolesterol total, HDL, LDL, trigliserida pada WUS Metode Penelitian: Penelitian dengan rancangan cross sectional. Sampel penelitian adalah WUS di Kecamatan Cangkringan Sleman Yogyakarta pada bulan Juli 2011, sebesar 26 sampel. Teknik dalam pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode multistage random sampling. Data IMT, rasio lingkar pinggang pinggul dan profil lipid diukur secara langsung dan identitas responden dari buku register Puskesmas Cangkringan. Analisis hubungan menggunakan uji Pearson Product Moment. Hasil: Karaktersitik sampel 38,5% berpendidikan menengah atas; 34,6% sebagai ibu rumah tangga. Sampel dengan IMT normal sebesar 57,7%. Rasio lingkar pinggang pinggul normal sebesar 96,2%. Sampel yang memiliki kadar kolesterol total normal sebesar 84,6%; kadar HDL, LDL dan trigliserid normal sebesar 100%. Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan antara IMT dan rasio lingkar pinggang pinggul dengan profil lipid yang meliputi kolesterol total, HDL, LDL, trigliserida. Saran: Penelitian lebih lanjut dengan jumlah sampel lebih banyak, dengan memperhatikan faktor lain seperti kebiasaan dan pola hidup sehat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: RAK J310/2011 - 33
Uncontrolled Keywords: Indeks Massa Tubuh (IMT), Rasio lingkar pinggang pinggul, profil lipid, Wanita Usia Subur (WUS)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Dec 2011 10:25
Last Modified: 14 Sep 2022 06:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16070

Actions (login required)

View Item View Item