SARI, JELLY AMELIA (2011) Hubungan Antara Dukungan Sosial Keluarga dengan Motivasi Mengajar Pada Guru Madrasah Tsanawiyah Kartasura. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Hal Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (158kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
||
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
||
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
Abstract
Permasalahan pada guru tentang motivasi mengajar guru, hal ini dapat diketahui melalui hasil ujian nasional belum mencapai 100%. Motivasi mengajar guru rendah berdampak pada kegiatan guru kurang maksimal dan hasil prestasi belajar siswa mengalami penurunan. Di sisi lain guru memerlukan dukungan sosial untuk meningkatkan kerja guru dalam mengajar. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui: (1) Hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan motivasi mengajar pada guru Madrasah Tsanawiyah. (2) Peran dukungan sosial keluarga terhadap motivasi mengajar pada guru Madrasah Tsanawiyah. (3) Tingkat dukungan sosial keluarga dan tingkat motivasi mengajar pada guru Madrasah Tsanawiyah. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru yang ada di Kartasura yang berjumlah kurang lebih 178 guru. Sampel dalam penelitian adalah guru yang mengajar di Madrasah Tsanawiyah Kartasura sebanyak 39 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive non random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan dua skala yaitu skala dukungan sosial keluarga dan motivasi mengajar. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis korelasi product moment. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: (1) Ada hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial keluarga dengan motivasi mengajar. Hal ini ditunjukan hasil korelasi product moment diperoleh hasil r = 0,678 dengan p = 0,024 (jadi p < 0,01) . (2) Sumbangan dukungan sosial keluarga terhadap motivasi mengajar sebesar 25,9%, yang berarti masih terdapat 74,1% variabel-variabel lain yang mempengaruhi prestasi belajar di luar variabel konsep diri. Variabel-variabel tersebut di antaranya yaitu motivasi kerja, keyakinan diri, dan dukungan lingkungan teman kerja. (3) Motivasi mengajar tergolong sedang dengan rerata empirik sebesar 88,79 dan rerata hipotetik sebesar 90. Dukungan sosial tergolong sedang dengan rerata empirik sebesar 89,90 dan rerata hipotetik sebesar 68,6. Kata kunci : Dukungan sosial, motivasi mengajar
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK F100/2011-041 |
Uncontrolled Keywords: | Dukungan sosial, motivasi mengajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 09 Dec 2011 10:34 |
Last Modified: | 14 Jan 2012 05:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15924 |
Actions (login required)
View Item |