STRATEGI COPING PADA MAHASISWA PROGRAM TWINNING PSIKOLOGI – TARBIYAH UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

SURANTO, JOKO (2011) STRATEGI COPING PADA MAHASISWA PROGRAM TWINNING PSIKOLOGI – TARBIYAH UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA. Diploma thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

[img]
Preview
PDF (haldepan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (85kB)
[img]
Preview
PDF (bab1)
03._BAB_I.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (bab2)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (bab3)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (bab4)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] PDF (bab5)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] PDF (bab6)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF (daftarpustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Program twinning merupakan sistem pendidikan yang bersifat rangkap program, seorang mahasiswa dapat mengambil dua program studi secara bersamaan untuk memperoleh dua gelar kesarjanaan sekaligus, Pelaksanaan program twinning ditempuh dalam jangka waktu 10 sampai 12 semester dengan menyelesaikan jumlah beban sks kurang lebih 290 sks, dengan rincian mata kuliah yang dapat dikonversikan sebanyak 72 sks, sehingga secara keseluruhan beban sks yang harus diselesaikan sebanyak 226 sks. Beban akademik yang tinggi dibandingkan mahasiswa regular menimbulkan permasalahan dan beban psikologis bagi mahasiswa program twinning. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami perilaku coping pada mahasiswa program twinning Psikologi–Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Surakarta. Informan penelitian ini diambil secara purposive sampling, informan dalam penelitian ini sebanyak 5 orang. Sumber data yang berupa kata-kata yang dikumpulkan menggunakan metode wawancara serta dengan metode observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yaitu berupa paparan, uraian dan gambar. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa permasalahan yang dihadapi oleh mahasiswa program twinning Psikologi–Tarbiyah adalah managemen waktu, jadwal yang tidak sistematis/berubah-ubah sehingga terjadi bentrokan jadwal, jadwal ujian yang padat (3-5) mata kuliah dalam satu hari, birokrasi kampus, dosen yang mengubah jadwal sehingga terjadi bentrokan jadwal, konflik dengan teman, perkuliahan yang kurang kondusif, jarak tempuh antar fakultas cukup jauh, rasa jenuh dan capek. Adapun perilaku coping yang dilakukan adalah: coping yang berorientasi masalah yaitu: mencari info/sharing informasi, mencari dukungan lingkungan sekitar, perencanaan/menyusun langkah-langkah, membuat skala prioritas, menyelesaikan permasalahan bersama-sama teman seprofesi, berpindah-pindah kelas (positif acting), coping yang berorientasi pada emosi yaitu: membangun mental dan kepercayaan (positif thinking), refresing, bermain game, jalan-jalan, menekan kecemasan, menenangkan diri, menyalahkan diri sendiri, istirahat/tidak kuliah, beribadah dan berdo’a (positif hoping).

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi coping, mahasiswa program twinning.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 09 Dec 2011 10:00
Last Modified: 09 Dec 2011 11:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15914

Actions (login required)

View Item View Item