Peningkatan Aktivitas BElajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Card Sort (PTK di Kelas VII Semester II SMP Negeri 3 Colomadu Tahun Ajaran 2010/2011)

Qonita, Ulfa (2011) Peningkatan Aktivitas BElajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Card Sort (PTK di Kelas VII Semester II SMP Negeri 3 Colomadu Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (72kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran aktif card sort pada pokok bahasan geometri, segi empat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Colomadu yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa pada pembelajaran matematika pokok bahasan geometri segi empat melalui strategi pembelajaran aktif card sort. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas belajar siswa sebelum dilakukan tindakan adalah sebesar 40,6%, dan di akhir tindakan 87,5%. Aktivitas belajar tersebut meliputi, 1) aktivitas siswa dalam mengajukan pertanyaan, 2) aktivitas siswa dalam menjawab pertanyaan, 3) aktivitas siswa dalam mengerjakan latihan soal yang diberikan oleh guru, 4) aktivitas siswa dalam mengerjakan soal di depan kelas, dan 5) aktivitas siswa dalam mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran aktif card sort dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan geometri segi empat dapat meningkatkan aktivitas siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aktivitas-belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 01 Dec 2011 10:46
Last Modified: 01 Dec 2011 10:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15751

Actions (login required)

View Item View Item