Peningkatan Ketrampilam Menulis Teks Berita dengan Teknik Peta Pikiran Pada Siwa Kelas VIII D SMP Negeri 3 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011

RAHMAWATI, ARI NUR (2011) Peningkatan Ketrampilam Menulis Teks Berita dengan Teknik Peta Pikiran Pada Siwa Kelas VIII D SMP Negeri 3 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (83kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Sawit. Secara khusus untuk mengetahui peningkatan menulis teks berita, mengetahui motivasi belajar, mengetahui persepsi dan tanggapan siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011 setelah mengikuti pembelajaran menulis teks berita dengan teknik peta pikiran. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sasaran penelitian ini adalah meningkatnya kemampuan siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Sawit setelah menulis teks berita melalui teknik peta pikiran. Sumber data penelitian ini adalah aktivitas siswa saat pembelajaran menulis teks berita dengan teknik peta pikiran, guru mata pelajaran bahasa Indonesia, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik kualitatif. Hasil penelitian ada tiga, pertama, terjadi peningkatan menulis teks berita melalui teknik peta pikiran. Hasil nilai rata-rata yang diperoleh pada pra siklus yaitu 55,6, siklus I 65,5 sedangkan siklus II 74,5. Kedua ada motivasi dalam diri siswa saat pembelajaran menulis teks berita dengan teknik pikiran. Siswa tertarik dengan antusias ketika menggambar dengan teknik peta pikiran dengan teknik peta pikiran sangat menarik dan menyenangkan. ketiga persentase hasil-hasil wawancara siswa yang senang dengan pembelajaran menulis teks berita dengan teknik peta pikiran 84%. Siswa yang sedikit senang sebanyak 6%, siswa yang tidak senang sebanyak 5%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: teks berita, motivasi belajar, peta pikiran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 01 Dec 2011 06:19
Last Modified: 01 Dec 2011 06:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15737

Actions (login required)

View Item View Item