SURYANINGSIH , LILIS (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN Reading Guide DAN Everyone is a Teacher Here TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA POKOK MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 9 NGEMPLAK BOYOLALI SEMESTER I TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, UMS.
|
PDF
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (97kB) |
|
|
PDF
03._BAB_I.pdf Download (31kB) |
|
PDF
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
PDF
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
||
PDF
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
PDF
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
|
PDF
09._LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar biologi pada materi Sistem Gerak pada Manusia dengan penggunaan strategi Reading Guide dan Everyone is a Teacher Here siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 9 Ngemplak Boyolali Semester I Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan strategi Reading Guide dan Everyone is a Teacher Here yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian dilakukan dengan penilaian kognitif dan afektif dalam setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata kognitif siswa pada siklus I meningkat menjadi 66,87 dari nilai awal sebesar 24,09; sedangkan nilai rata-rata afektif Reading Guide sebesar 12,96 (termasuk kategori cukup berminat) dan rata-rata afektif Everyone ia a Teacher Here sebesar 15,08 (termasuk kategori berminat). Nilai rata-rata kognitif pada siklus II meningkat menjadi 72,39 dari siklus I yang hanya 66,87; sedangkan nilai rata-rata afektif Reading Guide meningkat menjadi 13,75 (termasuk kategori berminat) dan nilai rata-rata afektif Everyone ia a Teacher Here sebesar 15,78 (termasuk kategori berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi Reading Guide dan Everyone is a Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 9 Ngemplak Boyolali tahun ajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar (aspek kognitif dan afektif), strategi reading guide dan everyone is a teacher here |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 12 not found. |
Date Deposited: | 30 Nov 2011 13:05 |
Last Modified: | 30 Nov 2011 19:57 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15731 |
Actions (login required)
View Item |