Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi dengan Media Gambar pada Siswa Kelas XI SMK Dwija Dharma Boyolali Tahun Pelajaran 2008/2009

WIDAYATI, LIST KARTINI (2011) Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi dengan Media Gambar pada Siswa Kelas XI SMK Dwija Dharma Boyolali Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (72kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan proses pembelajaran menulis deskripsi dengan menggunakan media gambar seri; 2) mengetahui peningkatan hasil pembelajaran menulis deskripsi dengan menggunakan media gambar seri. Penelitian ini mengambil lokasi di SMK Dwija Dharma Boyolali. Objek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI-2 SMK Dwija Dharma Boyolali. tahun pelajaran 2008/2009. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Sumber data diperoleh dari informan, tempat dan peristiwa serta dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan PTK yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1. Ada peningkatan kemampuan menulis deskripsi pada siswa kelas XI SMK Dwija Dharma Boyolali setelah mengikuti pembelajaran menulis deskripsi dengan menggunakan media gambar. Peningkatan menulis deskripsi tersebut diketahui dari kondisi awal, siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata pada kondisi awal sebesar 61,26 dan termasuk dalam kategori kurang. Sedangkan nilai ratarata pada siklus I mencapai 73,89 dan termasuk dalam kategori cukup baik. Dengan demikian, ada peningkatan dari kondisi awal sebesar 12,63. Pada siklus II nilai rata-rata yang dicapai adalah sebesar 82,89 dan termasuk dalam kategori baik. Dengan demikian, terjadi peningkatan yaitu sebesar 9,00 dari hasil siklus I dan 21,63 dari hasil kondisi awal. 2. Ada perubahan sikap atau perilaku siswa dari perilaku negatif berubah menjadi positif. Kesiapan siswa untuk menerima pelajaran belum terlihat pada siklus I, sedangkan pada siklus II, siswa sudah siap menerima pelajaran, dan sudah berani mempresentasikan hasil pekerjaanya didepan kelas tanpa ditujuk oleh guru. Siswa yang semula kurang bersemangat mengikuti pembelajaran menjadi siap, semangat, senang dan menikmati pembelajaran. Artinya media gambar dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis deskripsi, siswa sudah mampu mendeskripsikan objek, tempat, dan peristiwa dengan baik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pada siklus II keterampilan menulis deskripsi, media gambar seri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 Nov 2011 10:26
Last Modified: 30 Nov 2011 10:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15723

Actions (login required)

View Item View Item