WIDAYATI, LIST KARTINI (2011) Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi dengan Media Gambar pada Siswa Kelas XI SMK Dwija Dharma Boyolali Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (72kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (123kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan proses pembelajaran menulis deskripsi dengan menggunakan media gambar seri; 2) mengetahui peningkatan hasil pembelajaran menulis deskripsi dengan menggunakan media gambar seri. Penelitian ini mengambil lokasi di SMK Dwija Dharma Boyolali. Objek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI-2 SMK Dwija Dharma Boyolali. tahun pelajaran 2008/2009. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Sumber data diperoleh dari informan, tempat dan peristiwa serta dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan PTK yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1. Ada peningkatan kemampuan menulis deskripsi pada siswa kelas XI SMK Dwija Dharma Boyolali setelah mengikuti pembelajaran menulis deskripsi dengan menggunakan media gambar. Peningkatan menulis deskripsi tersebut diketahui dari kondisi awal, siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata pada kondisi awal sebesar 61,26 dan termasuk dalam kategori kurang. Sedangkan nilai ratarata pada siklus I mencapai 73,89 dan termasuk dalam kategori cukup baik. Dengan demikian, ada peningkatan dari kondisi awal sebesar 12,63. Pada siklus II nilai rata-rata yang dicapai adalah sebesar 82,89 dan termasuk dalam kategori baik. Dengan demikian, terjadi peningkatan yaitu sebesar 9,00 dari hasil siklus I dan 21,63 dari hasil kondisi awal. 2. Ada perubahan sikap atau perilaku siswa dari perilaku negatif berubah menjadi positif. Kesiapan siswa untuk menerima pelajaran belum terlihat pada siklus I, sedangkan pada siklus II, siswa sudah siap menerima pelajaran, dan sudah berani mempresentasikan hasil pekerjaanya didepan kelas tanpa ditujuk oleh guru. Siswa yang semula kurang bersemangat mengikuti pembelajaran menjadi siap, semangat, senang dan menikmati pembelajaran. Artinya media gambar dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis deskripsi, siswa sudah mampu mendeskripsikan objek, tempat, dan peristiwa dengan baik.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pada siklus II keterampilan menulis deskripsi, media gambar seri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 30 Nov 2011 10:26 |
Last Modified: | 30 Nov 2011 10:26 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15723 |
Actions (login required)
View Item |