UPAYA PENINGKATAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) PADA ANAK USIA DINI DI TK PERTIWI KARANGANYAR KECAMATAN PLUPUH KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

SUNARNI, SUNARNI (2011) UPAYA PENINGKATAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) PADA ANAK USIA DINI DI TK PERTIWI KARANGANYAR KECAMATAN PLUPUH KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (36kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui Metode Bermain Peran (Role Palying) dapat meningkatkan kemandirian anak Taman Kanak-kanak Pertiwi Karanganyar Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan bentuk penelitian adalah PTK. Subjek penelitian adalah seluruh siswa Taman Kanak-kanak Pertiwi Karanganyar Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2011/2012. Dalam pengumpulan data, metode yang dipergunakan metode observasi, dokumentasi, dan test. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model induktif interaktif yang memiliki tiga komponen pokok analisis yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan aktivitasnya dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai suatu siklus. Dalam bentuk ini peneliti tetap bergerak di antara empat komponen (termasuk proses pengumpuan data) selama proses pengumpulan data berlangsung. Kemudian setelah pengumpulan data peneliti bergerak diantara tiga komponen pokok yaitu, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini adalah Siswa yang telah dinyatakan memiliki ketuntasan belajar (dengan memiliki kemampuan kemandirian sesuai harapan baik yang mendapatkan bantuan maupun tidak mendapatkan bantuan dari guru) pada siklus I sebanyak 15 orang dari jumlah 20 siswa atau 75 %, sedangkan anak yang belum tuntas (tidak dapat melakukan aktivitas sesuai dengan harapan atau cenderung pasif) sebanyak 5 orang dari jumlah 20 siswa atau 25 %. sedangkan siswa yang telah dinyatakan memiliki ketuntasan belajar (dengan memiliki kemampuan sesuai harapan baik yang mendapatkan bantuan maupun tidak mendapatkan bantuan dari guru) pada siklus II sebanyak 20 orang dari jumlah 20 siswa atau 100 %, sedangkan anak yang belum tuntas (tidak dapat melakukan aktivitas sesuai dengan harapan atau cenderung pasif) sebanyak 0 orang dari jumlah 20 siswa atau 0 %. Berdasarkan keterangan di atas maka dapat dibuat suatu kesimpulan sebagai berikut: Melalui metode bermain peran (role playing) dapat melatih serta meningkatkan kemampuan kemandirian anak sejak dini di Taman Kanak-kanak Pertiwi Karanganyar Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2011/ 2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Kemampuan Kemandirian, Role Playing, Anak Usia Dini
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Nov 2011 10:37
Last Modified: 28 Nov 2011 10:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15664

Actions (login required)

View Item View Item