UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI ANAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN DI TK B KEBONROMO IV SRAGEN

SUNARNI, SUNARNI (2011) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI ANAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN DI TK B KEBONROMO IV SRAGEN. Diploma thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

[img]
Preview
PDF (HALDEPAN)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (210kB)
[img]
Preview
PDF (BAP1)
3._BAB_I.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (BAP2)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (BAP3)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (BAP4)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (BAP5)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTARPUSTAKA)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (78kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)

Abstract

kelas B melalui metode bermain peran TK Kebonromo IV, Sragen tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian tindakan ini adalah anak kelas B TK Kebonromo IV, Sragen yang berjumlah 20 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi yaitu dengan lembar observasi penerapan metode bermain peran, wawancara yang digunakan adalah antara peneliti dengan anak, dan dokumentasi dalam penelitian ini yaitu daftar anak foto kegiatan bermain peran. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan berkomunikasi anak kelas B TK Kebonromo IV, Sragen tahun pelajaran 2010/2011 sebelum dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas yaitu anak yang dapat berkomunikasi dengan lancar sebesar 44,75%. Setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu dengan menggunakan metode bermain peran pada proses pembelajaran kemampuan berkomunikasi anak diperoleh hasil yaitu siklus I menjadi 60,25%, siklus II meningkat menjadi 72,25% dan siklus ke III meningkat menjadi 80,13%. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan “Diduga dengan menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak kelas B TK Kebonromo IV, Sragen tahun Pelajaran 2010/2011” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: metode bermain peran, kemampuan berkomunikasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 28 Nov 2011 10:12
Last Modified: 28 Nov 2011 10:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15662

Actions (login required)

View Item View Item