UPAYA PENINGKATAN KERJASAMA MELALUI METODE PROYEK DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH KUWIRAN, BANYUDONO, BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2011/2012

WAKHIDAH, YUNIATIKA NUR (2011) UPAYA PENINGKATAN KERJASAMA MELALUI METODE PROYEK DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH KUWIRAN, BANYUDONO, BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (150kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (149kB)
[img] PDF (Bab II)
03._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (136kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian bertujuan adalah Untuk Meningkatkan kemampuan kerjasama pada anak dalam melakukan suatu hal atau kegiatan untuk dapat memecahkan masalah sendiri tanpa bantuan orang lain untuk membentuk keakraban dalam kelompok di dalam kelas dengan meningkatkan kemampuan akademis. Kerjasama dipengaruhi beberapa faktor, salah satunya adalah metode pengajaran yaitu metode proyek. Metode proyek mempunyai peranan sangat penting dalam meningkatkan kerjasama. Dalam hal ini metode proyek memberikan anak kebebasan untuk dapat bersosialisasi dengan temannya dalam satu kelompoknya, dengan alat dan bahan yang terbatas Peningkatan kerjasama anak semakin bertambah kuat dengan pemberian reward serta memotivasi anak untuk selalu tetap aktif dalam proses pembelajaran.Peningkatan kerjasama pada anak melalui metode proyek dapat meningkat. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prosentase kerjasama dari sebelum tindakan sampai dengan siklus III yakni sebelum tindakan anak sebesar 16.67% atau 3 anak, peningkatan kerjasama siklus I mencapai 41,4 % atau 8 anak dan peningkatan kreativitas pada siklus II mencapai 75 % atau 16 anak dan pada siklus III sebesar 84 % atau 16 anak.. Oleh karena itu kegiatan bermain proyek dapat meningkatkan kerjasama anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A520/2011-034
Uncontrolled Keywords: kerjasama, metode proyek.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Nov 2011 10:23
Last Modified: 11 Jan 2012 05:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15661

Actions (login required)

View Item View Item