MENINGKATKAN KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DENGAN ALAT PERAGA BONEKA TANGAN (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di KB dan TK Aisyiyah Pabelan Kartasura)

RAHMAWATI, OCKTIANA (2011) MENINGKATKAN KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DENGAN ALAT PERAGA BONEKA TANGAN (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di KB dan TK Aisyiyah Pabelan Kartasura). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Cover_-_abstrak.pdf

Download (113kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)

Abstract

Penguasaan verbal linguistik anak usia dini perlu ditingkatkan, oleh karena itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan penguasaan verbal linguistik anak usia dini adalah dengan memanfaatkan media bercerita dengan boneka tangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan kosakata verbal anak usia dini melalui pembelajaran dengan memanfaatkan media bercerita dengan boneka tangan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok bermain di KB dan TK Aisyiyah Pabelan tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, test lisan, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan verbal linguistik pada penguasaan kosakata anak melalui pembelajaran dengan memanfaatkan media cerita dengan boneka tangan, yakni sebelum tindakan 13,33 %, siklus I mencapai 26,66 %, siklus II mencapai 46,66 %, dan siklus III mencapai 86,66 %. Pembelajaran dengan memanfaatkan media boneka tangan juga didukung oleh metode lain yakni pemberian tugas. Metode ini mempunyai peranan yang cukup penting dalam peningkatan penguasaan kosakata anak karena dapat membantu meminimalkan permasalahan yang dihadapi pada saat pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemanfaatan media cerita dengan boneka tangan dapat meningkatkan verbal linguistik pada penguasaan kosakata anak usia dini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media,bercerita, boneka tangan,penguasaan, verbal linguistik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Nov 2011 09:49
Last Modified: 28 Nov 2011 09:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15651

Actions (login required)

View Item View Item