DARMA, SURYA (2007) Pemikiran Abdul Munir Mulkhan Tentang Pendidikan Multikultural. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
Halaman_Depan.pdf Download (67kB) |
|
|
PDF
Bab_I.pdf Download (72kB) |
|
PDF
Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (608kB) |
||
PDF
Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
||
PDF
Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
||
PDF
Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
||
|
PDF
Daftar_Pustaka.pdf Download (31kB) |
|
PDF
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
Abstract
Kajian pemikiran ini dilakukan atas dasar kehadiran pendidikan multikultural sangat dibutuhkan sebagai bentuk alternatif di tengah carut-marutnya sistem pendidikan yang ada. Ditambah banyaknya konflik di Indonesia yang mengatas namakan ras, suku, agama. Hal ini penulis lihat dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa yang berlandaskan Bhineka Tunggal Ika, memiliki keaneka -ragaman adat-istiadat. Sementara sistem pendidikan yang ada masih sangat feodal dan konservatif, sehingga peserta didik akhirnya menjadi manusia yang tidak dapat terbebaskan cenderung berpikir eksklusif, kurang menghargai perbedaan. Adapun Abdul Munir Mulkan merupakan tokoh garda depan yang mewacanakan pendidikan sebagai proses liberalisasi dan humanisasi, dalam kaitannya dengan wacana multikultural. Abdul Munir Mulkhan turut memberikan kritik dan gagasan filosofis dalam kerangka pendidikan Islam. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana pemikiran abdul Munir Mulkhan tentang pendidikan multikultural. Dan dari sini akan ditemukan bentuk kritik dan gagasan filosofis beliau yang sangat getol mewacanakan pendidikan multikultural. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research ) dan data yang digunakan terdiri dari primer dan sekunder. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah historis-filosofis. Pendekatan ini digunakan untuk menemukan pemikiran beliau secara utuh. Sedangkan analisis skripsi ini melalui dua tahap pertama tahap generalisasi yang mengacu pada metode induksi dan kemudian dilakukan interpretasi terhadap pemikiran Abdul Munir Mulkhan. Pendidikan multikultural merupakan suatu prinsip yang wajib dipegang oleh individu. Prinsip yang menyatakan bahwasanya kebaikan adalah perbedaan itu sendiri. Ada beberapa pola yang dapat merubah sistem pendidikan yang ada agar bersifat multikultural yaitu liberalisasi, humanisasi dan demokratisasi konsep pendidikan. Untuk itu, hal pertama yang harus dilakukan adalah membenahi ulang pada tataran teoritis dan praktis konsep pendidikan di Indonesia. Sedangkan konsep pendidikan multikultural yang digagas oleh Abdul Munir Mulkhan merupakan kesatuan kritik dan gagasan filosofis yang bersifat integral dan mengalami penyempurnaan terus-menerus. Konsepnya merupakan bagian alternatif pendidikan yang membebaskan dan selanjutnya bertujuan pada kesadaran individu yang memiliki kesalehan multikultural Dari paparan di atas tentunya diperlukan kritik dan saran dari berbagai pihak, dan tentunya yang terpenting adalah baik penulis maupun tokoh yang diangkat dalam skripsi ini masih berpikir relatif dan pada konteks tertentu perlu adanya kritik ulang. Karena konsep yang disampaikan bukan suatu kebenaran mutlak, maka perlu didiskusikan secara terus -menerus dalam rangka merumuskan konsep-konsep baru. Adapun konsep yang terbaik adalah konsep yang layak diterapkan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Abdul Munir Mulkhan, Pendidikan Multikultural |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Ken Retno Yuniwati |
Date Deposited: | 28 Nov 2011 08:53 |
Last Modified: | 03 Mar 2012 05:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15649 |
Actions (login required)
View Item |