ASRI, MAHATMA GALIH PUTRA MAYANG (2011) STUDI KOMPARASI ANTARA METODE KERJA KELOMPOK DAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN PUCANGAN 04 KARTASURA TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (230kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (101kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (83kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Pucangan 04 Kartasura yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran kerja kelompok dan metode pembelajaran demonstrasi pada pokok bahasan Rangka Tubuh Manusia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang berlokasi di SDN Pucangan 04 Kartasura. Populasinya adalah seluruh siswa kelas IV SDN Pucangan 04 Kartasura tahun ajaran 2011/2012. Sebelum dilakukan penelitian, dilakukan uji homogenitas dengan metode Barlett pada taraf signifikansi 5%. Hasil uji homogenitas untuk data hasil belajar IPA siswa diperoleh harga statistik uji χ2 hitung < χ2 tabel, yaitu 0,280 < 3,841 Dengan demikian diperoleh keputusan uji bahwa H0 diterima, hal ini menunjukkan bahwa kedua kelompok memiliki variansi yang homogen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t-test. Sebelum analisis dilakukan uji normalitas data dengan metode Liliefors pada taraf signifikansi 5%. Hasil uji normalitas data dengan SPSS 15.0 menunjukkan bahwa hasil belajar kedua kelompok berdistribusi normal (Lhitung kerja kelompok= 0,0815 dan Lhitung demonstrasi= 0,0713). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada α = 5% di peroleh thitung > ttabel, (2,096 > 1,998) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Mata Pelajaran IPA antara menggunakan metode kerja kelompok dan metode demonstrasi pada pokok bahasan Rangka Tubuh Manusia.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A510/2011-051 |
Uncontrolled Keywords: | metode kerja kelompok, metode demonstrasi, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 28 Nov 2011 06:18 |
Last Modified: | 11 Jan 2012 05:43 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15643 |
Actions (login required)
View Item |