UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas V SDN 01 Karangsari, Jatiyoso )

WAHYUNI, SRI (2011) UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas V SDN 01 Karangsari, Jatiyoso ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (57kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (76kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (458kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk : ( 1 ) Mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa kelas V SDN 01 Karangsari Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar melalui penggunaan model pembelajaran tutor sebaya. ( 2 ) Mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika tentang operasi hitung bilangan bulat dengan menggunakan model pembelajaran tutor sebaya. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan model siklus dengan langkah rencana, tindakan, observasi dan refleksi.. Subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas V SD Negeri 01 Karangsari Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010 / 2011 Waktunya semester II, dimulai pada bulan Januari sampai dengan bulan April 2011. Dari hasil pengamatan sebelum dilaksanakan tindakan diperoleh informasi bahwa dari 20 siswa, ada 4 siswa atau 20 % siswa yang sudah tuntas dalam pembelajaran matematika, sedangkan pada siklus 1 diperoleh informasi bahwa dari 20 siswa, ada 10 atau 50 % yang sudah tuntas dalam pembelajaran matematika. Sedangkan pada siklus II diperoleh informasi bahwa dari 20 siswa, terdapat 17 siswa atau 85 % yang telah tuntas dalam pembelajaran matematika. Pada siklus III diperoleh informasi dari 20 siswa terdapat 19 siswa atau 95 % siswa tuntas dalam pembelajaran. Dengan demikian, dapat diketahui dari hasil penelitian bahwa melalui penggunaan model pembelajaran tutor sebaya pada pembelajaran matematika, maka pemahaman konsep dan keaktifan siswa kelas V SDN 01 Karangsari Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010 / 2011 meningkat sebesar 95 %.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, Keaktifan Siswa, Pembelajaran Tutor Sebaya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Nov 2011 04:26
Last Modified: 28 Nov 2011 04:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15635

Actions (login required)

View Item View Item