TRIYADI, ARIF (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM SISWA KELAS IV SDN 02 KADIPIRO KECAMATAN JUMAPOLO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (194kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (123kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (389kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (96kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian adalah : Untuk megetahui peningkatan hasil belajar IPS pada materi Sumber Daya Alam siswa kelas IV SDN 02 Kadipiro tahun pelajaran 2010/2011 melalui penerapan strategi pembelajaran inqiry. Dengan jumlah 34 siswa, terdiri dari 18 siswa putri dan 16 siswa putra. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dokumentasi, hasil tes dan observasi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data antara lain observasi dan tes. Adapun teknik yang digunakan untuk menguji validitas data dalam penelitian ini adalah triangulasi metode, sedangkan teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian terdiri dari dua siklus yang masing-masing siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Hasil analisa data belajar materi sumber daya alam tingkat kognitif siswa siklus I dapat disimpulkan bahwa presentase hasil tes siswa yang tuntas naik 26,46% dengan nilai batas tuntas lebih dari atau sama dengan 65, siswa yang tuntas belajar pada siklus I sebesar 67,64%, yang semula pada tes awal hanya terdapat 41,18% siswa mencapai batas tuntas. Besarnya nilai terendah yang diperoleh siswa pada saat tes awal sebesar 30 dan pada siklus I menjadi 40. Untuk nilai tertinggi terdapat kenaikan dari 78 naik menjadi 97 dan nilai rata-rata kelas yang pada tes awal sebesar 59,32 naik pada tes siklus I menjadi 72,88. Hasil analisa data belajar materi sumber daya alam tingkat kognitif siswa pada siklus II dapat disimpulkan bahwa nilai terendah yang diperoleh siswa pada siklus pertama naik menjadi 40; dan pada siklus kedua naik menjadi 62. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa pada tes siklus pertama adalah 97 tetapi pada siklus kedua justru turun menjadi 96. Nilai rata-rata kelas terjadi peningkatan yaitu pada tes siklus pertama 72,88; naik pada siklus kedua 79,47; siswa belajar tuntas pada siklus pertama 67,64% dan pada siklus kedua naik menjadi 94,11%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sumber daya alam, strategi pembelajaran inquiry |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 25 Nov 2011 09:12 |
Last Modified: | 25 Nov 2011 09:12 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15629 |
Actions (login required)
View Item |