PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MAPEL IPA KELAS II SDN 01 LEMAHBANG TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011

SURYANI, LILIK (2011) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MAPEL IPA KELAS II SDN 01 LEMAHBANG TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
cover.pdf

Download (111kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_II.pdf

Download (103kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui seberapa besar pengaruh pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas II SD Negeri 01 Lemahbang tahun pelajaran 2010 / 2011. (2) mengetahui seberapa besar pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas II SD Negeri 01 Lemahbang tahun pelajaran 2010 / 2011. (3) mengetahui seberapa besar pengaruh pengelolaan kelas dan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas II SD Negeri 01 Lemahbang tahun pelajaran 2010 / 2011. Populasi yang digunakan juga sebagai sampel adalah siswa kelas II SDN 01 Lemahbang sebanyak 14 siswa. Dalam pengambilan data dari ketiga variabel menggunakan angket penelitian. Data dianalisis menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier ganda yang didahului dengan pengujian prasyarat. Hasil penelitian ini adalah : (1) terdapat pengaruh antara pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa yang ditunjukkan dari hasil analisis data dimana rhitung > rtabel (rhitung = 0.756 > rtabel = 0.532 dan 0.661) dengan taraf signifikasi 5% maupun 1%. (2) terdapat pengaruh antara pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap motivasi belajar siswa yang ditunjukkan dari hasil analisis data dimana rhitung > rtabel (rhitung =0.823 > rtabel = 0.532 dan 0.661) dengan taraf signifikasi 5% maupun 1%. (3) terdapat pengaruh antara pengelolaan kelas dan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap motivasi belajar siswa yang ditunjukkan dari hasil analisis data dimana rhitung > rtabel (rhitung = 0.821 > rtabel = 0.532 dan 0.661) dengan taraf signifikasi 5% maupun 1%. (4) dari hasil hipotesis diperoleh rhitung > rtabel sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pengelolaan kelas dan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap motivasi belajar siswa. Secara parsial sumbangan relatifnya adalah untuk pengelolaan kelas sebesar 16.89 % dan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar sebesar 83.11%. sedangkan sumbangan efektif yang diberikan adalah untuk pengelolaan kelas sebesar 11.07 % dan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar sebesar 57.12%. Di sini dapat dilihat bahwa pemanfaatan lingkungan sekolah memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap motivasi belajar dibandingkan dengan pengelolaan kelas.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A510/2011-048
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Kelas, Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar, dan Motivasi Belajar Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Nov 2011 09:00
Last Modified: 11 Jan 2012 05:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15628

Actions (login required)

View Item View Item