PENINGKATAN KEMAMPUAN PERKALIAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PENGHITUNG BATANG NAPIER PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 04 TEGALGEDE KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010/2011

YANI, SHOFTI ANDRI (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN PERKALIAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PENGHITUNG BATANG NAPIER PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 04 TEGALGEDE KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (139kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (127kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (122kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan perkalian peserta didik kelas IV dengan menggunakan media penghitung batang Napier. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penerima tindakan adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 04 Tegalgede Karanganyar yang berjumlah 22 siswa (9 laki-laki dan 13 perempuan). Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Kevalidan data dilakukan dengan trianggulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan perkalian. Hal ini dapat terlihat dari peningkatan hasil belajar dan ketuntasan kelas, Nilai terendah yang diperoleh peserta didik sebelum tindakan adalah 0 dan setelah diadakan tindakan kelas nilai terendah yang diperoleh peserta didik 60, nilai tertinggi yang diperoleh peserta didik sebelum tindakan adalah 80 dan setelah diadakan tindakan kelas nilai tertinggi yang diperoleh peserta didik 100, nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik sebelum tindakan adalah 48,63 dan setelah diadakan tindakan kelas nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik 89,09, Ketuntasan belajar peserta didik sebelum tindakan sebanyak 8 siswa (36,36%) dan setelah diadakan tindakan kelas ketuntasan belajar peserta didik sebanyak 19 siswa (86,36) dari jumlah peserta didik 22 anak. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media penghitung batang Napier dapat meningkatkan kemampuan perkalian pada peserta didik kelas IV SD Negeri 04 Tegalgede Karanganyar tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A510/2011-055
Uncontrolled Keywords: batang Napier, kemampuan perkalian.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Nov 2011 04:43
Last Modified: 11 Jan 2012 05:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15621

Actions (login required)

View Item View Item