UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG TUMBUHAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN OUT DOOR STUDY BAGI SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 02 DELINGAN KARANGANYAR TAHUN 2011/2012

SYABANI, KURNIA NUR (2011) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG TUMBUHAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN OUT DOOR STUDY BAGI SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 02 DELINGAN KARANGANYAR TAHUN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (111kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (109kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)

Abstract

Pemilihan judul ini berdasarkan pengalaman di lapangan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang tumbuhan, nilai rata-ratanya masih berkisar 7,9. Pemahaman siswa terhadap tumbuhan yang sebenarnya juga masih kurang. Melalui metode pembelajaran out door study diharapkan siswa akan lebih mudah dalam mengatasi masalah yang ada dalam pembelajaran IPA. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah dengan penerapan metode pembelajaran out door study dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang tumbuhan pada siswa kelas IV SDN 02 Delingan Karanganyar ?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran out door study dalam meningkatkan hasil belajar IPA materi tumbuhan pada siswa kelas IV SDN 02 Delingan Karanganyar tahun ajaran 2011/2012. Penelitian tindakan ini ditempuh dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan serta refleksi. Tindakan dalam tiap siklus dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran yang sama. Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 02 Delingan tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari 31 siswa. Siklus I menunjukkan nilai rata-rata siswa 7,9. Siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM ada 3 siswa. Siklus II menunjukkan nilai rata-rata siswa 90, tidak ada siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian kelas ini adalah dengan menggunakan metode pembelajaran out door study dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang tumbuhan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, out door study, Ilmu Pengetahuan Alam.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Nov 2011 04:23
Last Modified: 25 Nov 2011 04:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15619

Actions (login required)

View Item View Item