MASRUKIN, ARIF (2011) STUDI PERBANDINGAN PENGGUNAAN METODE INKUIRI DAN EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI SIFAT- SIFAT BANGUN RUANG SEDERHANA DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 16 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (104kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (30kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (66kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis perbedaan hasil belajar matematika pada materi sifat-sifat bangun ruang sederhana siswa yang diajar menggunakan metode inkuiri dan ekspositori. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Muhammadiyah 16 Surakarta. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling kemudian ditentukan kelompok kontrol sebanyak 35 siswa yaitu kelas IV A dan kelompok eksperimen sebanyak 35 siswa yaitu kelas IV B. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas dengan menggunakan metode Liliefors dan uji homogenitas dengan metode Bartlett. Dari hasil analisis data pada a = 5 % diperoleh terdapat perbedaan hasil belajar matematika pada materi sifat-sifat bangun ruang sederhana siswa yang diajar menggunakan metode inkuiri dan ekspositori dengan thitung = 2,83 > ttabel = 1,995. Implikasi pada penelitian ini adalah pengajaran matematika pada materi sifat-sifat bangun ruang sederhana siswa yang diajar dengan menggunakan metode inkuiri lebih baik daripada menggunakan metode ekspositori dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 85,914 dan nilai rata-rata kelas kontrol 78,857. Oleh karena itu metode inkuiri dapat dijadikan salah satu alternatif pengajaran guna mengaktifkan siswa pada proses belajar mengajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode inkuiri, metode ekspositori, hasil belajar matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 24 Nov 2011 10:20 |
Last Modified: | 24 Nov 2011 10:20 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15616 |
Actions (login required)
View Item |