MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN EKOSISTEM MELALUI PENDEKATAN MASTERY LEARNING PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI II SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011

YAHYA, AMIN NAUFAL (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN EKOSISTEM MELALUI PENDEKATAN MASTERY LEARNING PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI II SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (76kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Bab II)
03._BAB_I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
09.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (934kB)

Abstract

Tujuan penelitian (1) untuk mengetahui penerapan pendekatan mastery learning terhadap proses pembelajaran biologi pokok bahasan ekosistem pada siswa kelas VII B SMP Negeri II Suruh dan (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi melalui pendekatan mastery learning pada siswa kelas VII B SMP Negeri II Suruh. Jenis penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII B SMP Negeri II Suruh, yang berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa yang dilihat dari indikator banyaknya siswa: a) menjawab pertanyaan sebelum tindakan 23,5% meningkat menjadi 61,7% pada akhir tindakan, b) aktif bertanya sebelum tindakan 17,6% meningkat menjadi 47,05% pada akhir tindakan, c) menanggapi pendapat teman sebelum tindakan 20,5% meningkat menjadi 47,05% pada akhir tindakan, d) peningkatan nilai ketuntasan KKM lebih dari sama dengan 60 sebelum tindakan 47,05% meningkat menjadi 82,3% pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan belajar tuntas (Mastery Learning) dalam pembelajaran biologi dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP Negeri II Suruh Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, pendekatan belajar tuntas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Nov 2011 09:33
Last Modified: 24 Nov 2011 09:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15607

Actions (login required)

View Item View Item