PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DENGAN TEKNIK PROBING POKOK BAHASAN SEGI EMPAT (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri 2 Kedawung)

MARINA, ASTRI (2011) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DENGAN TEKNIK PROBING POKOK BAHASAN SEGI EMPAT (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri 2 Kedawung). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (165kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03._BAB_I.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Bab 2)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab 3)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Bab 4)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] PDF (Bab 5)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses pembelajaran matematika dan mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika melalui teknik probing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP Negeri 2 Kedawung yang berjumlah 36 siswa dan obyek penelitian ini adalah pemahaman konsep siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi. Teknik analisis data dilakukan dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari : 1) siswa mampu mengemukakan ide, sebelum tindakan sebesar 25%, sesudah tindakan naik menjadi 83,33%, 2) siswa mampu menjawab pertanyaan guru dan mengerjakan soal di papan tulis secara tepat, sebelum tindakan sebesar 13,89%, sesudah tindakan naik menjadi 61,11%, 3) siswa mampu memberikan tanggapan tentang jawaban peserta didik lain, sebelum tindakan sebesar 19,44%, sesudah tindakan naik menjadi 69,44%, 4) siswa mampu membuat kesimpulan, sebelum tindakan sebesar 8,33%, sesudah tindakan naik menjadi 52,78%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik probing dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Kata kunci : pemahaman konsep, teknik probing

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman konsep, teknik probing
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 22 Nov 2011 10:48
Last Modified: 22 Nov 2011 10:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15561

Actions (login required)

View Item View Item