PEMAKAIAN DAN PEMAHAMAN ANAK KELAS VI SDN SURUH KALANG 2 JATEN KARANGANYAR TERHADAP GAYA BAHASA DALAM CERITA ANAK PADA MAJALAH BOBO EDISI OKTOBER – NOVEMBER 2010 (Tinjauan Semantik)

FUJI LESTARI , ISMARIA (2011) PEMAKAIAN DAN PEMAHAMAN ANAK KELAS VI SDN SURUH KALANG 2 JATEN KARANGANYAR TERHADAP GAYA BAHASA DALAM CERITA ANAK PADA MAJALAH BOBO EDISI OKTOBER – NOVEMBER 2010 (Tinjauan Semantik). Diploma thesis, universitas muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (hal depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (83kB)
[img]
Preview
PDF (bap1)
BAB_SATU.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (bap2)
BAB_DUA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (bap3)
BAB_TIGA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] PDF (bap4)
BAB_EMPAT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img]
Preview
PDF (daftarpustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)

Abstract

ISMARIA FUJI LESTARI, NIM A.310060022. Pemakaian dan Pemahaman Anak Kelas VI SDN Suruh Kalang 2 Jaten Karanganyar terhadap Gaya Bahasa dalam Cerita Anak pada Majalah Bobo Edisi Oktober – November 2010 (Tinjauan Semantik). Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011. Cerita anak pada majalah Bobo merupakan salah satu sisi yang menarik minat anak untuk membaca majalah Bobo. Ketertarikan anak pada cerita anak di Majalah Bobo dapat pula dimanfaatkan untuk meningkatkan pengetahuan anak tentang bahasa khususnya gaya bahasa. Gaya bahasa pada cerita anak pada majalah Bobo dapat membantu anak dalam belajar dan menambah wawasan dalam pemahaman anak pada gaya bahasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan gaya bahasa yang terdapat pada cerita anak di majalah Bobo edisi Oktober – November 2010, mendiskripsikan pemahaman anak tentang gaya bahasa pada majalah Bobo edisi Oktober – November 2010, dan mendiskripsikan dampak pemahaman anak tentang gaya bahasa pada cerita anak di majalah Bobo terhadap pengetahuan gaya bahasa anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Objek penelitian ini adalah gaya bahasa pada cerita anak di majalah Bobo edisi Oktober – November 2010 dan pemahaman anak terhadap gaya bahasa pada cerita anak di majalah Bobo edisi Oktober – November 2010. Teknik analisis data menggunakan teknik teknik markah, teknik agih dan teknik padan. Hasil penelitian ini adalah 1) gaya bahasa yang terdapat pada cerita anak majalah Bobo edisi Oktober dan November 2010 antara lain hiperbola, pleonasme, personifikasi, metafora, repetisi, klimaks, dan paralelisme, 2) gaya bahasa yang digunakan memberikan makna penguatan, pengulangan, dan pengambaran secara jelas, 3) pemahaman gaya bahasa anak kelas VI terhadap gaya bahasa pada cerita anak meliputi gaya bahasa personifikasi, klimak, repetisi, dan hiperbola, dan 4) dampak pemahaman gaya bahasa anak kelas VI terhadap gaya bahasa pada cerita anak majalah Bobo edisi Oktober dan November 2010 adalah pemahaman gaya bahasa anak memudahkan anak kelas VI untuk memahami pokok atau isi cerita anak.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: cerita anak, gaya bahasa, pemahaman anak.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 22 Nov 2011 09:59
Last Modified: 22 Nov 2011 09:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15554

Actions (login required)

View Item View Item